Cinderella Complex dan Preferensi Pemilihan Pasangan Hidup Pada Wanita Dewasa Awal Penggemar Drama Korea

Nadia Aulia

Abstract


Cinderella Complex adalah kecenderungan wanita untuk bergantung secara fisik, yang ditunjukkan oleh keinginan kuat mereka untuk diperlakukan dan dilindungi orang lain, terutama pria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ide dan faktor Cinderella Complex dan preferensi pemilihan pasangan di antara wanita dewasa awal yang menyukai drama Korea. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan wawancara mendalam dan metode observasi bersama dengan Cinderella Complex Scale yang digunakan untuk menyaring subjek. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan Kompleks Cinderella pada subjek pertama, SA, di mana ia melihat dirinya sebagai seseorang yang kurang dalam penampilan, mental, dan kecerdasan. Dengan demikian menyebabkan dia berharap seseorang dengan kepribadian stabil menjadi suaminya. Subjek kedua, JM, menunjukkan kecenderungan Cinderella Complex dengan memandang dirinya sebagai wanita yang rapuh dan lemah dengan kurang percaya diri. Dengan demikian menyebabkan JM berharap seseorang dengan kepribadian stabil sebagai suaminya untuk bertindak sebagai panduan dan dukungan psikologis. Subjek ketiga, RW menunjukkan kecenderungan Kompleks Cinderella dengan cara dia mengandalkan almarhum ayah dan pacarnya untuk menyelesaikan masalahnya. Dengan demikian menyebabkan subjek menyukai seseorang yang kepribadiannya persis seperti mendiang ayahnya sehingga ia bisa menjadi penggantinya. Subjek keempat, SM menunjukkan kecenderungan Kompleks Cinderella dengan mematuhi dan mengikuti semua keputusan ayahnya dan karenanya membuatnya tunduk. Itu membuatnya berharap seseorang yang secara finansial stabil sebagai suaminya sehingga dia hanya akan menjadi ibu rumah tangga.

Keywords


Kompleks Cinderella, preferensi pasangan, drama Korea

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan Transpersonal Sebagai Tindakan Preventif “Domino Effect” Dari Gejala Fomo (Fear Of Missing Out) Pada Remaja Milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.

Adriansyah, M. A., Saputri, A., Lawolo, A. N., & Arsha, J. S. (2018). Vipassana Sebagai Upaya Preventif Bagi Penderita Fear Of Missing Out (FoMo). Psikostudia: Jurnal Psikologi, 7(1), 50-59.

Anggriany, N. & Astuti, Y. D. (2003). Hubungan antara Pola Asuh Berwawasan Jender dengan Cinderella Complex. Psikologika. 16. 41-45.

Brehm, S. S. (1992). Intimate relationship. New York: McGraw-Hill.)

Buss, D. M. (1986). Preferences in human mate selection. Journal of Personality and Social Psychology. 50 (3). 559-570.

Buss, D. M. (1990). International preferences in selecting mates a study of 37 cultures. Journal of Cross-Cultural Psychology, 21(1), 5-47.

Chan, B. & Xueli, W. (2011). Of prince charming and male chauvinist pigs: singaporean female viewers and the dream-world of korean television dramas. International Journal of Cultural Studies, 14(3), 291-305.

Creswell, J. W. (2016). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dariyo, A. (2004). Psikologi perkembangan dewasa muda. Jakarta: Grasindo.

DeGenova, M.K. (2008). Intimate relationship, marriage and families 7th ed. United State of America: Pearson.

Dowling, C. (1994). Tantangan wanita modern: ketakutan wanita akan kemandirian. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hapsari, A. D., Mabruri, M. I., & Hendriyani, R. (2014). Cinderella complex pada mahasiswi di Universitas Negeri Semarang. Developmental and Clinical Psychology, 3(1).

Huat, C. B. & Iwabuchi, K. (2008). east asian pop culture: analysing the korean wave. Hong Kong: Penulis.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang retang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Lykken, D. T. & Tellegen, A. (1993). Is human mating adventitious or the result of lawful choice? a twin study of mate selection. Journal of Personality and Social Psychology. 65(1), 56-68.

Oktinisa, T. F., Rinaldi, R., & Hermaleni, T. (2017). Kecenderungan cinderella complex pada mahasiswa perempuan ditinjau dari persepsi pola asuh. Jurnal RAP UNP, 8(2), 211-222.

Saha, S. & Safri, T. S. (2016). Cinderella complex: theoretical roots to psychological dependency syndrome in women. The International Journal of Indian Psychology, 3(8), 118-122.

Santrock, J. W. (2012). Life-span development: perkembangan masa hidup edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga

Saputri, D. K. M. (2013). Hubungan konsep diri dengan kecederungan cinderella complex pada siswa SMA Taman Harapan Malang. Jurnal Psikovidya, 17(20).

Shackelford, T. K. Schmitt, D. P. & Buss, D. M. (2005). Universal dimension of human mate preferences. Journal Personality and Individual Differences, 39, 447-458.

Sumanto. (2014). Psikologi perkembangan fungsi dan teori. Jakarta: PT Buku Seru.

Sofia, L., Mulyana, N., Firma, A. L., & Verlanda, A. (2017). “One Hour Rule” Sebagai Self-Regulation Pada Mahasiswi Dengan Cinderella Complex. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 10-16.

Townsend, J. M. (1989). Mate selection criteria: a pilot study. Ethology and Sociobiology, 10, 241-253.

Zain, T. S. (2016). Cinderella complex dalam perspektif psikologi perkembangan sosial emosi. Jurnal Indigenous, 1(1), 92-98.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id