Gambaran Kebahagiaan Pada Wanita Dewasa Madya Lajang

Alifah Safinah Rahmi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana gambaran kebahagiaan pada wanita paruh baya yang belum menikah. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi yang berkaitan dengan empat subjek yaitu wanita paruh baya yang bekerja dan tidak bekerja. Pada subjek pertama SN, seorang wanita paruh baya yang tidak bekerja dan belum menikah. SN tidak senang dengan hidupnya. Keadaan ini disebabkan oleh konflik yang dialaminya dan juga terkait dengan statusnya yang belum menikah selama ini, subjek merasa usia bertambah namun masih belum menikah. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakbahagiaan SN seperti pernikahan, emosi negatif serta usia. Subjek kedua IS, seorang wanita paruh baya yang bekerja dan belum menikah. IS memiliki konflik yang membuatnya masih berstatus belum menikah yang terkait dengan tradisi dari keluarganya yaitu subjek tidak bisa menyalip kakak perempuannya untuk menikah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan IS antara lain keuangan, kehidupan sosial, usia, kesehatan, jenis kelamin, agama. Subjek ketiga TA, seorang wanita paruh baya tidak bekerja dan belum menikah. TA mengalami konflik yang membuatnya sampai saat ini masih berstatus belum menikah yang terkait dengan persetujuan almarhum ayahnya sebelum meninggal. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan TA adalah kehidupan sosial, umur, kesehatan, jenis kelamin, agama. Subjek keempat RA, seorang wanita paruh baya yang bekerja dan belum menikah. RA hingga saat itu masih berstatus lajang karena memilih fokus bekerja dan mengasuh kedua orangtuanya serta membahagiakan mereka.. Faktor yang mempengaruhi kebahagiaan RA adalah keuangan, kehidupan sosial, usia, kesehatan, jenis kelamin dan agama.


Full Text:

PDF

References


Creswell, J. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Khalek, A. M. (2006). Happiness, Health, and Religiosity: Significant Relations. Mental Health, Religion & Culture, Volume: 9 (1), 85–97.

Latifah, N. (2015). Kesejahteraan Psikologis Pada Wanita Dewasa Muda Yang Belum Menikah. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume: 2, 1-4.

Mustofa, B. (2008). Quantum Kebahagiaan. Surakarta: Indiva Media Kreasi.

Papalia. 2009. Human Development. Jakarta: Salemba Humanika Pelajar.

Poerwandari, E. K. (2009). Pendekatan Kualitatif Cetakan Ketiga. Depok: LPSP3 UI.

Santrock, J. W. (2012). Life-span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Seligman, E. P. M. (2005). Authentic Happiness. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Septiana, E., & Muhammad, S. (2013). Identitas “lajang” (Single Identity) dan Stigma: Studi Fenomenologi Perempuan Lajang di Surabaya. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, Volume: 4 (1), 71-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id