Kecemasan Wanita Terhadap Obesitas

Farah Radina Sabalurien

Abstract


Penelitian ini mencoba untuk mengetahui bagaimana kecemasan obesitas di Samarinda. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan beberapa pertimbangan. Responden dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengolah dan menyiapkan data untuk dianalisis, membaca data, menganalisis lebih detail dengan melakukan koding data, mendeskripsikan setting koding untuk menerapkan proses, orang-orang, kategori, dan tema yang akan dianalisis, menunjukkan bagaimana deskripsi tema dan ini akan disajikan kembali dalam laporan naratif atau kualitatif, dan interpretasi atau penanganan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegelisahan kegemukan khususnya yang dialami oleh remaja putri sangat mempengaruhi kehidupan dan masalah yang mereka hadapi sehari-hari. Kecemasan akan mengancam berat badan dengan meningkatnya setiap hari membuat subjek studi merasa stres dan tertekan serta selalu merasa dihantui ketakutan akan masa depannya. Pil pelangsing adalah salah satu bentuk usaha yang paling dapat dilakukan oleh wanita penderita kegelisahan obesitas untuk dapat mengurangi rasa gelisah mereka. Tekanan dari eksternal juga cukup mempengaruhi cara pandang subjek meneliti setiap persepsi orang lain seputar obesitas terkait. Banyak stressor yang harus dihadapi subjek dan dalam waktu yang lama membuat mereka mulai merasakan keputusasaan awal dan muncul frustasi. Peran keluarga dan teman sangat mempengaruhi psikologis subjek dalam menghadapi kesulitan.

Keywords


Kecemasan, Obesitas, Wanita, Pil Pelangsing

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Chaplin, L. N., dkk. (2010). Beyonds brands: Happy Adolescents see the good in people. The journal of positive Psychology.

Chase, M. E (2001). Identity Development and Body Image Dissatisfaction Action In College Females. University Of Wisconsin.

Creswell, J. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Durand., B. (2006). Gangguan Kecemasan dalam Intisari Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Grogan, S. (2008). Body Image: Unerstanding Body Dissatisfaction in Men, Women and Children. New York: Routletge

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lubis, H., Oktaviani, M. A., Rahmi, A. S., Khatimah, H. H., & Nur, M. O. (2016). Musik Kejien Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan, Stres, dan Depresi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(1), 39-64.

Maramis, W., & Maramis, A. (2009). Gangguan Neurotik, Gangguan Somatoform dan Gangguan Terkait Stres dalam: Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press.

Misnadiarly. (2007). Obesitas Sebagai Faktor Risiko Beberapa Penyaki. Jakarta: Pustaka Obor Populer.

Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi Riset Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramaiah, S. (2003). Kecemasan Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Saeni, N. (2006). Makna Cantik Di Kalangan Mahasiswa Dalam Perspektif Fenomenologi. Makassar: Rey Publish.

Siswanto. (2007). Kesehatan Mental. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Soegih. (2009). Orang Gemuk di Indonesia. www. Neraca.co.id. Diakses tanggal 17 September 2018 Jam 11:38 WITA.

Sudoyo A. W., Setyohadi, B., Alwi, I. &, Simadibrata, S. S. (2009). Buku Ajak Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta: Interna Publishing

Suliswati, D. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Stuart, G. W. (2007). Pocket Guied to Psychiatric Nursing atau Buku Saku Jiwa Alih Bahasa Ramona P. Kapooh dan Egi Komara Yudha., Ed. 5. Jakarta: EGC.

Viedesbeck, S. L. (2008). Buku ajar keperawatan jiwa. Alih Bahasa: Renata Komalasari, Jakarta: EGC.

Wiramihardja, S. (2005). Pengantar Psikologi Abnormal.Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id