Kompetensi Kerja dan Penyesuaian Diri Pada Fresh Graduate Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang Tidak Bekerja Sebagai Guru

Rika Humapi Parerungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kompetensi kerja dan penyesuaian diri mahasiswa baru fakultas ilmu pendidikan yang tidak bekerja sebagai guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan responden dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan keempat subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat subjek penelitian ini memiliki keraguan oleh rekan kerjanya karena memiliki latar belakang yang berbeda dengan pekerjaannya. Perbedaan latar belakang pendidikan menuntut individu memiliki kompetensi dan penyesuaian diri yang baik agar mampu bersaing di dunia kerja. Subjek CJ memilih mundur dari pekerjaannya karena merasa tidak mampu menerima beban kerja yang semakin berat. Sedangkan subjek AE, EM dan IS memilih untuk bertahan dalam pekerjaan saat ini. Sulitnya mendapatkan pekerjaan sebagai guru, minimnya upah yang diterima saat menjadi guru dan tuntutan hidup yang semakin menjadi alasan keempat mata pelajaran memilih bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Keywords


kompetensi kerja, penyesuaian

Full Text:

PDF

References


Fatimah, E. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia.

Mahardhika, T. N. (2008). “Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Ditinjau Dari Prestasi Akademik Dan Kecerdasan Emosi.” Naskah Publikasi. Skripsi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Mulyasa, H. E. (2017). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiharto., & Siahaan, R. (2005). BUMN Indonesia: Isu, Kebijakan dan Strategi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tjutju, Y., & Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id