Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Regulasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Students Entrepreneur Community

Fahmi Ilmi Sinatrriya

Abstract


Minat berwirausaha adalah keinginan, minat dan kemauan individu melalui ide-ide yang dimilikinya untuk bekerja keras memenuhi kebutuhan hidup dengan cara berpikir kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi berprestasi dan regulasi diri terhadap minat berwirausaha pada Unit Mahasiswa Wirausaha (SEC) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Subjek penelitian ini adalah anggota SEC dengan jumlah sampel 61 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala minat berwirausaha, motivasi berprestasi dan regulasi diri. Ketiga skala tersebut disusun dengan menggunakan model skala likert dan analisis statistik menggunakan uji statistik regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan peningkatan diri terhadap kewirausahaan, dengan nilai F = 1,8389, R2 = 0,389 dan p = 0,000. Pada motivasi berprestasi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai beta = 0,586, t hitung = 5,697 dan p = 0,000. Sedangkan pada analisis diri minat berwirausaha tidak ada dengan nilai beta = -0,819, t hitung = 1,881 dan p = 0,071.

Keywords


minat berwirausaha, motivasi berprestasi, pengaturan diri

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Febrianurdi, B. A., & Kurniawan, E. J. (2015). Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi. 2 (3) 10-25.

Hawadi, A. (2001). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.

Hendri, T., & Ishak, A. (2008). Manajemen Motivasi. Jakarta: Grasindo.

Lutfiadi, R., & Rahmanto, I. (2011). Analisis Peran Pendidikan Kewirausahaan, Kepribadian dan Lingkungan Terhadap Minat Siswa SMK Untuk Berwirausaha. Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. 3 (1) 10-18.

Papalia, D. E., & Olds, S. W. (2010). Human Development (8th Ed). New York: McGraw Hill.

Rahmadi, A. N., & Heryanto, B. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Jurnal Ekonika. 1 (2) 153-169.

Santrock, J. W. (2003). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana.

Zimmerer, W. T. (2002). Essential of Enterpreneurship and Small Business Management. Third Edition. New York: Prentice-Hall.

Zimmerman, B. J. (2000). Achieving Self-Regulation: The Trial and Triumph of Adolescene. In F. Pajares & T. Urdan (Eds). Acadmic Motivation Of Adolescents (pp. 1-28). Greenwich, CT: Information Age.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id