Pengaruh Citra Tubuh Ideal dan Daya Tarik Fisik Terhadap Kemampuan Interpersonal

Muh. Yasser Arafat

Abstract


Di Indonesia sendiri banyak individu yang mengalami obesitas sehingga menyebabkan mereka kurang percaya diri dan tidak percaya diri. Ini kemudian melemahkan kemampuan interpersonalnya untuk melakukan sinkronisasi dengan lingkungannya. Banyak individu, terutama pria yang merasa tidak puas dengan bentuk tubuhnya, melakukan fitnes sebagai cara untuk mendapatkan tubuh ideal dan daya tarik fisik sesuai keinginannya. Hal ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan interpersonal mereka dalam berinteraksi dengan pergaulannya, khususnya dengan lawan jenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra tubuh ideal dan daya tarik fisik terhadap kemampuan interpersonal pria yang melakukan senam fitnes di pusat kebugaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 anggota dari Nagano, Master, Brilliant dan Project Fitness yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala citra tubuh ideal, daya tarik fisik dan kemampuan interpersonal. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Amos versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra tubuh ideal dengan kemampuan interpersonal menunjukkan nilai CR sebesar 2,257 ≥ 1,96 dan nilai P 0,024> 0,05 yang berarti citra tubuh ideal memiliki pengaruh terhadap kemampuan interpersonal. Kemudian daya tarik fisik dengan kemampuan interpersonal menunjukkan nilai C.R sebesar 1,126 ≤ 1,96 dan nilai P sebesar 0,260> 0,05 yang berarti bahwa daya tarik fisik tidak berpengaruh terhadap kemampuan interpersonal.

Keywords


citra tubuh ideal, daya tarik fisik, kemampuan interpersonal

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-9.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 7. Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Barelds, D. P. H., Dijkstra, P., Koudenberg, N., & Swami, V. (2011). An Assessment of Positive Illusions of the Physical Attractiveness of Romantic Partners. Journal of Social and Personal Relationship, 0(0), 1-15.

Darmayana, H. (2017). Semakin Banyak Orang Indonesia yang Mengalami Obesitas. CNN Indonesia. Diakses pada 03 Oktober 2017.

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2012). Psikologi Sosial (Edisi Revisi). Malang: UMM Press.

Fitness News Europe. (2016). European Gym Market on the Rise, Issue N(4), 1-12.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro Semarang.

Hadi, S. (2004). Methodology Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Leny., & Suyasa, P. (2006). Keaktifan Organisasi dan Kompetensi Interpersonal. Journal Phronesis Universitas Tarumanegara, 8(1), 71-99.

Maner, J. K. (2003). Sexually Selective Cognition: Beauty Captures the Mind of The be Holder. Journal of Personality and Social Psychology, 85(6), 1107-1120.

Nashori, F. (2015). Psikologi Sosial Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Nugraha, J. A. (2010). Pengaruh Kepuasan Citra Tubuh terhadap Kepercayaan Diri Orang yang Mengikuti Fitness Center. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Prawono, V. I. (2013). Hubungan antara Body Image Satisfication dan dan Self Esteem pada Perempuan Dewasa Muda yang Berdiet di Jakarta. Psibernetika, 6(1), 39-55.

Ridha, M. (2012). Hubungan antara Body Image dengan Penerimaan Diri pada Mahasiswa Aceh di Yogyakarta. Jurnal Empathy, 1(1), 111-121.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id