Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dan Religiusitas Dengan Perilaku Agresif

Wahyu Prayogo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dan religiusitas dengan perilaku agresif pada siswa SMPN 21 Samarinda dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMPN 21 Samarinda yang berjumlah sekitar 263 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 158 remaja yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku agresif, dukungan sosial orang tua, religiusitas dengan model skala likert, maka data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0. Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dan religiusitas dengan perilaku agresif dengan nilai F hitung> F tabel (7,346> 3,05), Adjusted R square = 0,087, dan p = 0,001 <0,050; (2) tidak ada hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan perilaku agresif dengan nilai beta = -0,142; nilai t hitung = -1,619 ˂ t tabel = 1,975 dan p = 0,108 ˃ 0,050; (3) terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negatif antara religiusitas dan perilaku agresif dengan nilai beta = -0,199; nilai t hitung = -2,173> t tabel = 1,975 dan p = 0,024 <0,050.

Keywords


perilaku agresif, dukungan sosial orang tua, religiusitas

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan Transpersonal Sebagai Tindakan Preventif “Domino Effect” Dari Gejala Fomo (Fear Of Missing Out) Pada Remaja Milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.

Adriansyah, M. A., Rama, T. A., Anggara, A., Kridani, M. S., & Afani, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self Hypnosys Untuk Meningkatkan Empati. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(1), 29-38.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Ali, M., & Asrori, M. (2009). Psikologi remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Alwisol. (2006). Psikologi Kepribadian. Edisi Revisi. Malang: UMM press.

Ancok, D., & Suroso, F.N. (2011). Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Cetakan VII. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Andisti., Miftah, A., & Ritandiyono. (2008). Religiusitas dan Perilaku Seks Bebas pada Dewasa Awal. Jurnal Psikologi. 1 (2) 170-176.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2 edisi ke sepuluh. Jakarta: Erlangga.

Chatijah, S. (2007). Hubungan Antara Religiusitas dengan Sikap Konsumtif Remaja. Jurnal Humanitas. 4 (02) 110-123.

Desmita. (2005). Psikologi perkembangan. Bandung : Rosdakarya

Edun, A. T. (2011). Aggressive Personality: the Use Of a New Self-Report Measure built from Justification Mechanism. (Electronic Theses and Dissertations). Florida International University (FUI), Florida, USA.

Hafid, A., & Muhid, A. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Religiusitas dengan Agresivitas Remaja Anggota Perguruan Pencak Silat di Bojonegoro. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. 3 (03) 205-212.

Hawari, D. (2005). Dimensi Religi dalam Praktek Psikiatri dan Psikologi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Jalaludin, R. (2007). Psikologi Agama. Edisi revisi 10. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Krahe, B. (2005). Perilaku Agresif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Santrock, J. W. (2006). Adolescence (perkembangan Remaja). Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (7th ed.). New York: John Willey and Sons, Inc.

Soviana, L., & Fauziah, N. (2014). Hubungan Antara Religiusitas dengan Agresivitas. Jurnal Psikologi. 3 (04) 661-671.

Stuart, G. W. (2009). Principles and Praktice of Psychiatric Nursing (9thed.). Mosby: USA.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial (Edisi 12). Jakarta: Prenada Media Group.

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tremblay, R. E., & Cairns, R. B. (2000). The development of aggressive behavior during childhood: What have we learned in the past century? International Journal of Behavioral Development, 24 (2), 129‐141.

Willis, S. (2012). Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id