Kecemasan Dan Strategi Coping Pada Wanita Korban Kekerasan Dalam Pacaran

Angela Putriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kecemasan dan bentuk strategi coping pada perempuan korban kekerasan dalam pacaran di samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan keempat subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek dalam penelitian ini mengalami kekerasan fisik, psikis, seksual dan ekonomi. Kekerasan yang dialami wanita dapat memiliki berbagai efek, salah satunya kecemasan. Meskipun memperlihatkan strategi kecemasan dan koping yang berbeda satu sama lain, keempat subjek menggunakan dua bentuk strategi koping yaitu coping berfokus masalah dan koping berfokus emosi. Subjek SF memiliki kecemasan dalam kategori tinggi dan memilih bertahan dalam hubungannya. Subjek FP mengalami kecemasan dalam kategori sedang dan memilih untuk mengakhiri hubungan. Sedangkan subjek AF dan DD sama-sama memiliki kecemasan dalam kategori tinggi dan memilih untuk mengakhiri hubungannya. Walaupun subjek masih merasa cemas, namun penggunaan dua strategi koping ini setidaknya dapat mengurangi rasa stres subjek dan membantu subjek untuk berinteraksi.


Keywords


kecemasan, strategi koping, wanita, kekerasan dalam pacaran

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-9.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Durand, V. M., & David, H. B. (2006). Intisari Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Diadiningrum, J. R., & Endrijati, H. (2014). Hubungan antara Sikap Asertivitas dengan Kecenderungan Menjadi Korban Kekerasandalam Pacaran pada Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3 (2), 97-102

Erniwati. (2015). Kejahatan Kekerasan dalam Perspektif Kriminologi. Mizani, 25 (2), 101-112

Khaninah, A. N., & Widjanarko, M. (2016). Perilaku Agresif yang Dialami Korban Kekerasan dalam Pacaran. Jurnal Psikologi Undip, 15 (2), 151-160

Komisi Nasional Perempuan. (2017). Lembar Fakta Catatan Tahunan (Catahu) Komnas Perempuan. Jakarta: Komnas Perempuan.

Lewis, S. F., & Fremouw, W. (2001). Dating Violence: A Critical Review of The Literature. Clinical Psychology Review, 21 (1), 105-127

Mariyanti., & Yosevin, K. (2015). Model Strategi Coping Penyelesaian Studi sebagai Efek Stressor serta Implikasinya terhadap Waktu Penyelesaian Studi Mahasiswa Universitas Esa Unggul: Studi pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul yang Telah Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psikologi, 11 (2), 378-383

Poerwandari, E. K. (2008). Penguatan psikologis untuk menanggulangi kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan seksual: panduan dalam bentuk tanya jawab. Jakarta: Program Studi Kajian Wanita Universitas Indonesia.

Prospero, M., & Gupta, S. V. (2007). Gender Differences In The Relationship Between Intimate Partner Violence Victimization and The Perception of Dating Situations Among College Students. Violence and victims, 22 (4), 498-502 .

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Sarafino, E. P. (2006). Health Psychology : Biopsychosocial Interaction (sthed). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Shambara, D. W., & Cahyati, I. Y. (2013). Tahapan Pengambilan Keputusan untuk Meninggalkan Hubungan Pacaran dengan Kekerasan pada Perempuan Dewasa Awal Ditinjau dari Stages of Change. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 2 (2), 69-78

Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 1. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Shinta, D. H., & Bramanti, D. C. (2007). Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jakarta: LBH Apik & Aliansi Nasional Reformasi KUHP

Subhan, Z. (2004). Kekerasan terhadap Perempuan. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Sujadi, E. (2015). Konseling Pancawaskita untuk Membentuk Problem Focused Coping. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3 (1), 7-15

Sunarto, K. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi

Womens Health. (2011). Violence Against Women. Diakses dari http://www.womenshealth.gov/violenceagainst-women/types-of-violence/dating-violence.cmf#a.

Zahra, G. P., & Milda, Y. (2017). Hubungan Antara Kekerasan dalam Berpacaran dengan Self Esteem pada Wanita Korban KDP di Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 3 (2), 303-309.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i3.4663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id