Pengaruh Konsep Diri dan Konformitas Terhadap Perilaku Bullying

Wa Ode Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan konformitas terhadap perilaku bullying pada siswa SMP Negeri 27 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda yang berjumlah 87 siswa yang dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku bullying, konsep diri, dan konformitas. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi linier berganda untuk diuji dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan konsep diri terhadap perilaku bullying siswa dengan koefisien beta (β) = -0272, dan nilai t hitung> t tabel (2,571> -0211) dan nilai dari p = 0,012 (p <0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kesesuaian terhadap perilaku bullying siswa dengan koefisien beta (β) = 0.256, dan nilai t hitung> t tabel (2,291> 0211) dan nilai p = 0,024 (p <0,05). ); (3) terdapat pengaruh yang nyata dan signifikan konsep diri dan konformitas terhadap perilaku bullying siswa dengan nilai F F> hitung tabel (3,595> 0211) dan nilai p = 0032 (p <0,05). Serta pengaruh kontribusi (R2) konsep diri dan konformitas siswa terhadap perilaku bullying sebesar 0281 atau 28,1 persen.


Keywords


perilaku bullying, konsep diri dan konformitas

Full Text:

PDF

References


Adrian, P. (2010). Let’s End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Akbar, G. (2013). Mental Imagery Mengenai Lingkungan Sosial Yang Baru Pada Korban Bullying di SMP N 5 Samarinda. EJournal Psikologi, 1 (1), 23-37 ISSN 0000-0000. Skripsi (diakses tanggal 15 Maret 2018).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Ambrina, P. (2013). Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar siswa Kelas VII di SMP 31 Samarinda. Skripsi. UNMUL. Samarinda. (diakses tanggal 15 Maret 2018).

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Coloroso, B. (2007). Stop Bullying: Memutus Mata Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Coloroso, B. (2007). Stop Bullying. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Pustaka.

Dayakisni, T., & Hudania. (2009). Psikologi Sosial. Malang: Umm Press.

Febriayani, A. Y. (2016). Konformitas teman sebaya dan perilaku Bullying pada siswa. Jurnal Empti, 5(1), 138-143.

Fitrian, S. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dan Bullying pada Siswa-siswi SMP Negeri 16 Samarinda. Ejournal Psikologi, 4 (2), 200-214. (diakses tanggal 7 Januari 2018).

Hadi, S. (2000). Panduan Manual Seri Program Statistik (SPS 2000). Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Halimah, A., Khumas, A., & Zainudin, K., (2015). Persepsi Pada Bystander Terhadap Intensitas Bullying Pada Siswa SMP. Jurnal Psikologi, Volume 42 (2), 129-140. (diakses tanggal 7 Januari 2018).

Handini, F. (2010). Hubungan Konsep Diri dengan Kecenderungan Berperilaku Bullying Siswa SMAN 70 Jakarta. Skripsi. UIN. Jakarta. (diakses tanggal 7 Januari 2018).

Hidayati. N. (2011). Dukungan Sosil Bagi Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus (April 2011). Universitas Muhamadiyah Gersik. Insan Adobe Riader. Vol. 13. (1). KPAI. 2014. UUD Perlindungan Anak Pasal 54 No 35 tahun 2014.

Khoirunisa, R. (2015). Konsep Diri Remaja Korban Bullying SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Skripsi. UNY Roshi Khoirunisa, Yogyakarta. (diakses tanggal 20 Januari 2018).

Lestari, W. S. (2016). Analisis Faktor-faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik Social Science Education Journal, 3(2), 147-157.

Levianti. (2008). Konformitas dan Bullying pada Siswa. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, Vol 6 (1), 123-245.

Manan. (1993). Interaksi Sosial Pelajar SMA dengan Kelompok Teman Sebaya. Majalah Ilmu Sosial, 20 (3), 317-332. (diakses tanggal 13 Januari 2017).

Marizki, P. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Jenis Perilaku Bullying Di MTsN Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung. Skripsi. Jakarta. (diakses tanggal 7 Januari 2018).

Musdalifa, F. A., & Afriyanto, B. H. (2014). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Bullying Pada Mahasiswa Di Universitas X. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. DOI: https://doi.org/10.21009/JPPP.032.03. (diakses tanggal 7 Januari 2018).

Ristianti, A. (2010) Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Identitas Diri Pada Remaja di SMA Pusaka 1. Skripsi. Universitas Gunadarma. Jakarta. (diakses tanggal 7 Januari 2018).

Sanchez, F. J. P., & M. D. S. R. (2003). Relationships between Self-Concept and Academic Achievement in Primary Students. Electronic Journal of Research in Educational Psychology and Psychopedagogy, Vol. 1(1), 95-120.

Santrock, J. W. (2007). Remaja. Edisi Keseblas Jilid Dua. Jakarta: Elangga.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2015). SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi, Jakarta.

Sarafino. (1994). Health Psychology Biopsychosocial Interaction. USA: John Wiley & Sons.

Saraswati, A. M., & Sawitri, D. A. (2015). Konsep Diri dengan Kecendeungan Perilaku Bullying Pada siswa kelas XI SMK. Jurnal Empati, Vol. 4 (4), Hal. 60-65.

Sejiwa. (2008). Bullying. Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suminar, E., Dkk. (2017). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsultif pada Remaja. Julnal Psikologi Indonesia, Vol. 4 (2), hal 145–152. (diakses tanggal 15 Maret 2018).

Sofia, L. (2012). Hubungan Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Motivasi Berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 81-90.

Tarakanita, I. (2001). Hubungan Status Identitas Etnik dengan Konsep Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 7 (1), 1-14.

Taylor., & Shelly, E. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta Kencana. Prenada Media Group.

Trevi. (2010). Sikap Siswa SMK terhadap Bullying. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. Jakarta. (diakses tanggal 15 Maret 2018).

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yasinta, A. M. (2016). Konformitas Teman Sebaya dan Perilaku Bullying pada Siswa Kelas XI IPS. Jurnal Empati, Volume 5(1), 138-143. (diakses tanggal 15 Maret 2018).

Zakiyah, E., Dkk. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian dan PPM. ISSN: 2442-448. (diakses tanggal 15 Maret 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i3.4662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id