Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru IPS dan Iklim Kelas Dengan Motivasi Belajar

Anisah Septia Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru IPS dan iklim kelas dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Samarinda dengan jumlah sampel 86 siswa yang dianalisis menggunakan teknik simple random sampling. Metode teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar, kompetensi pedagogik guru IPS dan iklim kelas. Analisis data menggunakan uji regresi berganda dan uji regresi sederhana dengan bantuan program Statistical Package for Special Sciences (SPSS) 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan kompetensi pedagogik guru IPS dan iklim kelas dengan motivasi belajar dengan F hitung> F tabel (8,973> 3,10) dan p value = 0,000 (p <0,05); (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru IPS dengan motivasi belajar dengan koefisien beta (β) = 0,244, nilai t hitung> t tabel (2,175> 1,989) dan p value = 0,033 ( p <0,05); (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar dengan koefisien beta (β) = 0,248, t hitung> t tabel (2,207> 1,989) dan p = 0,030 (p <0,05). Kontribusi pengaruh kompetensi pedagogik guru IPS dan iklim kelas dengan motivasi belajar sebesar 0,178 atau 17,8 persen.

Keywords


motivasi belajar, kompetensi pedagogik guru Sosial, iklim kelas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawi, M. N. (2016). Studi Korelasi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru Bahasa Arab dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsN Dondo Kabupaten ToliToli. Jurnal Pendidikan Ilmiah. 4(2), 404-406.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 28-29.

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Funali, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SDN 1 Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(1), 59-60.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadinata, P. (2009). Iklim Kelas dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Psikologi. 3(1). 96-97.

Hamalik. (2011). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan (BSA). Bandung: Sinar Baru.

Hamzah. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Hartanti, Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VIII SMP negeri 1 Karang Ploso. Jurnal Cendekia. 11(1), 65-67.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: gaung Persada Press.

Karimah, K. (2017). Pengaruh Sikap dan Peran Pengawas terhadap Perilaku Keselamatan (Studi pada Karyawan PT BUMA Site KJA Kab. Paser). Jurnal Psikoborneo. 5(2). 250.

Karom, D., Ruhimat, T., & Darmawan, D. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan. 1(2), 276-278.

Koestoro, B., & Basrowi. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jenggala Pustaka Utama. Kediri.

Kuraedah. St & Saliadin La. (2016). Penerapan Metode Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB di Min Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Kanawe Selatan. Jurnal Al-Ta’dib. 9(1). 148.

Margono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mastuhu. (2003). Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Muhasin. (2017). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 5(2). 72-73.

Nasution, I. N., & Syaf, A. (2018). Hubungan Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Abdurrab. Jurnal Psikologi. 1(2), 99-102.

Ningrum, U. P., & Rahayu, M. S. (2015). Hubungan Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IS 4 SMA Negeri 1 Singaparna Tasikmalaya. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Bandung: Bandung.

Purwanto, N. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir (a) PP 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Putri, S. P. (2013). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah dan Motivasi Belajar siswa di Kelas X SMAN 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sejarah. 1(3), 574-576.

Puspitasari, D. B. (2012). Hubungan Antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. Jurnal Psikologi. 1(1), 60-64.

Qurratulaini. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik dan Ekstrinsik terhadap Prestasi Belajar Ekonomi di SMA NW Pancor Lombok Timur NTB. Jurnal Ekonomi. 10(2), 91-92.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Rahmi, R., Mini, R., & Salim, A. (2017). Peran Perlibatan Diri Siswa Sebagai Mediator dalam Hubungan antara Iklim Kelas dengan Sikap Kreatif Siswa SD Sekolah Alam. Jurnal Psikologi. 16(1), 79.

Rusdinal & Elizar. (2005). Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Samsudin. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Media Gambar pada Siswa kelas II Min Melikan Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan. 1(1). 87-88.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santriani., Arafah, K., & Muris. (2016). Pengaruh Iklim Kelas dan Konsep Diri terhadap Motivasi Berprestasi dan Hail Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kahu. Tesis. Tidak Diterbitkan. Fakultas Fisika. Universita Negeri Makassar: Makassar.

Santrock, J. W. (2008). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid II Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2012). Educational Psychology Fifth Edition. New York: McGraw-Hill Inc.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, D. P ., & Deskoni, R. (2018). Pengaruh Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 3 Tanjung Raja. Jurnal Profit. 5(1). 83-84.

Suartana, I. K ., & Suryanto, W. (2016). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Jasa Boga terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Wira Harapan. Jurnal Pendidikan. 1(1). 63-65.

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmiah. 2(2). 144-145.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Suryabrata, S. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tarmidi., & Lita, H. (2006). Prestasi Belajar ditinjau dari Persepsi terhadap Iklim Kelas pada Siswa yang Mengikuti Program Percepatan Belajar. Jurnal Psikologi. 1(1), 20-21.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, I. S ., & Atiah, R. (2017). Pengaruh Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 4(1). 19-20.

Yamin, M. (2006). Profesionalisasi Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yulianti, S. D., & Djatmika, E. T. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS. 1(1). 34-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i3.4655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id