Penyesuaian Perkawinan Dan Kepuasan Pernikahan Pada Individu yang Menikah Melalui Proses Ta’aruf

Marni Marni

Abstract


Penelitian untuk mengetahui representasi penyesuaian pernikahan dan kepuasan pernikahan individu menikah melalui proses ta'aruf. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dengan empat subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat subjek, salah satunya mengalami kesulitan dalam penyesuaian perkawinan. Subjek HS menemukan kesulitan untuk beradaptasi dengan pasangannya, hal ini dapat dilihat dari aspek penyesuaian perkawinan yang menjadi masalah pada subjek HS. Aspek-aspek ini termasuk kepuasan dalam hubungan yang dirasakan ketenangan dengan subjek HS. Hal ini berdampak pada kepuasan pernikahan yang menunjukkan tidak semua subjek dalam penelitian ini memiliki aspek kepuasan pernikahan yang mencakup keintiman, komitmen, komunikasi, kesesuaian dan kepercayaan. Ketidakpuasan HS dengan pernikahannya karena faktor keuangan dan perbedaan suku budaya. Keuangan dianggap sebagai penopang hidup mereka dan untuk memfasilitasi kebutuhan yang harus diberikan oleh subjek HS sebagai tanggung jawab kepala rumah tangga. Sementara perbedaan suku budaya berdampak pada subjek HS dan pasangan yang berbeda dalam hal perspektif, karakter dan bagaimana menyelesaikan konflik dalam rumah tangga. Meskipun demikian, keempat subjek sepakat untuk tetap menikah karena kepercayaan agama dan kehadiran anak-anak. Keyakinan agama dan kehadiran anak-anak memberikan kedamaian bagi subjek yang bermasalah dengan mengingat tugas dan peran mereka masing-masing.

Keywords


penyesuaian perkawinan, kepuasan menikah, ta'aruf

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. (2003). Kado Buat Mempelai. Membentuk Keluarga Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah. Yogyakarta: Absolut.

Abdurrahman, Y. (2013). Risalah Khitbah, Panduan Islami Dalam Memilih Pasangan & Meminang. Bogor: Al Azhar Press.

Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-9.

Anjani, C, Suryanto. (2006). Pola Penyesuaian Perkawinan pada Periode Awal. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, 8(3), 198- 210.

An-Nabhani, T. (2007). Sistem Pergaulan dalam Islam. Zhafira: Jakarta.

Ardhianita, I & Andayani, B. (2005). Kepuasan Penikahan Ditinjau dari Berpacaran dan Tidak Berpacaran. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi

UGM, 32(2), 101-111.

Benokraitis, N.V. (1996). Marriages and Families, Changes, Choice and Constrains (2nd Edition). New Jersey: Prentice Hall Inc.

Coleman, M., Ganong, L., & Fine, M. (2000). Reinvestigating remarriage. Another decade of progress. Jurnal Of Marriage and The Family, 62(4), 1288-1307

Desmita, R. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hana, L. (2012). Taaruf: proses perjodohan sesuai syari islam. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Imtichanah, L. (2006). Ta’aruf Keren! Pacaran Sorry Men! Depok: PT. Lingkar Pena Kraetiva.

Itryah. (2009). Hubungan Antara Kepercayaan Antar Pasangan dan Lamanya Usia Perkawinan dengan Penyesuaian Perkawinan. Jurnal Ilmiah Psyche Universitas Bina Darma Palembang, 3(1), 33-41.

Januar, I. (2007). Bukan Pernikahan Cinderella. Jakarta: Gema Insani.

Lee, & Ok. (2002). Family Of Origin Influences on Anxiety, Open Communication, and Relationship Satisfaction. A Test Of Bowenian theory of Anxiety as Mediator In the Intergenerational Transmission. Jurnal of Korean Home Economics Association English, 3 (1), 111-116.

Nawangsih, E. (2017). Model Intervensi Untuk Meningkatkan Penyesuaian Pernikahan Bagi Pasangan Yang Melalui Proses Ta’aruf. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 1(1), 121-134.

Prabowo, M. R. (2006). penyesuaian perkawinan pada pasangan yang berlatar belakang etnis Batak dan etnis Jawa. Jurnal Fakultas Psikologi.

Pusparini, A. (2012). Agar ta’aruf cinta berbuah pahala. Yogyakarta: Pro-U Media.

Retiara, G. S, Khairani, M, Yulandari, N. (2016). Asertivitas dan Penysuaian Perkawinan pada Dewasa Awal di Aceh Tengah. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 161-169.

Rini, S. I. R (2009). Hubungan antara keterbukaan dengan penyesuaian perkawinan pada pasangan suami istri yang tinggal terpisah. Jurnal Psycho Idea, 7(2), 1-13.

Robinson, L.C, Blanton, P.W. (2003). Material Strengths In Enduring Marriages. Journal Of Family Relations, (42), 36-4.

Santrock, J.W. (2012). Life Span Development. Edisi Ke-5 jilid II (alih bahasa Achmad Chusairi, S. Psi). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Seligmen, M. (2005). Authentic Happines. Menciptakan Kebahagiaan dengan Psikologi Positif. Bandung: Mizan Media Utama.

Siauw, F. Y. (2013). Udah Pututsin Aja!. Bandung: Mizania.

Takariawan, C. (2006). Di Jalan Dakwah Aku Menikah Edisi 3. Solo: Era Intermedia.

Tyas, P. F., & Herawati, T. (2017). Kualitas pernikahan dan kesejahteraan keluarga menentukan kualitas lingkungan pengasuhan anak pada pasangan yang menikah usia muda. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 10(1), 1-12.

Ulfiah. (2016). Psikologi Keluarga. Bogor: Ghalia.

Walgito, B. (2002). Bimbingan dan Konseling Perkawinan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i3.4643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id