Pengaruh Konformitas dan Fanatisme Terhadap Perilaku Solidaritas

Anindya Pinasthi Putri

Abstract


Individu mengadaptasi perilaku mereka berdasarkan komunitas, mereka berinteraksi satu sama lain karena motivasi untuk mengaktualisasikan diri mereka untuk mempertahankan pandangan mereka. Dengan masuk ke komunitas pendukung yang memiliki kepercayaan yang sama dengan seorang individu, rasa kekeluargaan akan tumbuh tinggi sehingga perilaku solidaritas akan muncul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konformitas dan fanatisme terhadap perilaku solidaritas pada anggota komunitas pendukung Arema di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 150 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala konformitas, fanatisme, dan perilaku solidaritas. Hasilnya adalah nilai CR 1,665 65 1,96 dan nilai P 0,096 ≥ 0 yang berarti kesesuaian tidak berpengaruh pada perilaku solidaritas dan nilai CR 5,799 ≥ 1,96 dan nilai P 0,000 ≤ 0,05, yang berarti fanatisme berpengaruh pada perilaku solidaritas.


Keywords


konformitas, fanatisme, perilaku solidaritas

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan Transpersonal Sebagai Tindakan Preventif “Domino Effect” Dari Gejala Fomo (Fear Of Missing Out) Pada Remaja Milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.

Adriansyah, M. A., Rama, T. A., Anggara, A., Kridani, M. S., & Afani, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self Hypnosys Untuk Meningkatkan Empati. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(1), 29-38.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Adriansyah, M. A., Fahlevi, M. A., Dyah, R., & Hasthina, A. (2015). Sikap Pemilih Pemula Terhadap Calon Kepala Daerah Ditinjau Dari Karakteristik Sosial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(1), 17-45.

Azwar. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Choirul, H. A, & Supriyadi. (2018). Hubungan Fanatisme Dan Konformitas Terhadap Agresivitas Verbal Anggota Komunitas Suporter Sepak Bola di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 5 (1), 132-144.

Goddard, H. (2001). Civil Religion. New York: Cambridge University Press.

Ghozali, I. (2016). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habibie, T. N. (2015). Hubungan Antara Fanatisme Dan Solidaritas Sosial Di Komunitas Ici Moratti Regional Malang. Universitas Barawijaya. Jurnal Sosiologi, 2 (1), 1-32.

Johnson, D. P. (1994). Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: Gramedia.

Junaedi, F. (2012). Bonek: Komunitas Suporter Pertama Dan Terbesar di Indonesia. Yogyakarta: Buku Litera.

Lawang, M. Z. (2005). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Malfaid, I. (2013). Fanatisme Suporter Sepak Bola Untuk Menanamkan Solidaritas Sosial (Studi Kasus Pada Suporter Pasoepati Kartasura). Naskah Publikasi, 17, 1-16.

Psilopatis, J. (2002). Aremania: Dari Latar Belakang Hooliganisme Ke Para Suporter Sepak Bola Teladan. Laporan Studi Lapangan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1, (Widyasinta, B). Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. (2010). Psikologi Sosial: Individu dan Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Balai Pustaka

Sears, D. O., Feedman, J. L., & Peplau, L. A. (2009). Psikologi Sosial (edisi ke 12). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Solimun. (2006). Structural Equation Model (SEM): Aplikasi Software Amos (Materi Pelatihan). Malang. Fakultas MIPA Pro-gram Pascasarjana Universitas Brawijaya.

Soeroso, A. (2008). Sosiologi 1. Jakarta: Quadra.

Suroso., Dyan, E., Santi., & Aditya, P. (2010). Ikatan Emosional Terhadap Tim Sepakbola dan Fanatisme Suporter Sepakbola. Jurnal Penelitian Psikologi, 1 (1), 23-37.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial Edisi XII. Jakarta: Kencana.

Thorne, S., & Bruner, G. C. (2006). An Exploratory Investigation of the Characteristics of Consumer Fanaticism. Qualitative Market Research: An International Journal, 9 (1), 51-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i3.4641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id