Pengaruh Kecerdasan Adversitas Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Menyelesaikan Skripsi

Alfian Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan adversitas dan dukungan lansia dalam menyelesaikan skripsi terhadap motivasi kerja mahasiswa FISIPOL Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi menyelesaikan skripsi, adversitas, kecerdasan dan dukungan sosial. Data penelitian dianalisis dengan regresi linier berganda dengan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 22.0 for Windows. Hasil penelitian dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan adversitas kecerdasan terhadap motivasi menyelesaikan skripsi dengan koefisien beta (β) = 0,139, nilai t> t tabel (1,907> 1,661) dan nilai p = 0,030 (p <0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan sosial lansia terhadap motivasi menyelesaikan skripsi dengan koefisien beta (β) = 0,678, nilai t> t tabel (9,286> 1,661) dan nilai p = 0,030 (p <0,05); (3) terdapat pengaruh yang nyata dan signifikan antara kecerdasan adversitas dan dukungan sosial lansia terhadap motivasi menyelesaikan skripsi dengan nilai f hitung> f tabel (57.696> 2.36) dan p value = 0.000 (p <0.05). Kontribusi dampak adversitas kecerdasan dan dukungan sosial lansia terhadap motivasi menyelesaikan skripsi menjadi 0,543 (54,3 persen).

Keywords


kecerdasan adversitas, dukungan lansia, motivasi menyelesaikan skripsi

Full Text:

PDF

References


Ariati, A. P. (2001). Psikologi kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2009). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat, (2010). Statistik Indonesia Tahun 2010. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik

Brophy, J. (2004). Motivating Student to Learn (2nded). London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Brown, D. (2002). Career Choice and Development (4th ed). United States of America: Jossey-Bass.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada. Jakarta: Media Group.

Calhoun, J. F., dan Acocella, J. R. (1990). Psychology of Adjustment and Human Relationship. New York: McGraw-Hill, Inc.

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Dhillon, U., dan Kaur, R. (2005). Career Maturity of School Children. Journal of The Indian Academy of Applied Psychology, 3 (1), 1-12.

Dudija, N. (2011). Perbedaan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Antara Mahasiswa yang Bekerja dengan Mahasiswa yang Tidak Bekerja. Jurnal Humanitas. 2 (4), 12-20.

Gonzalez, M. A. (2008). Career Maturity: A Priority for Secondary Education. Electronic Journal of Research in Educatonal Psychologi, 6 (16), 1-24.

Hadi, S (2001). Metodologi Research untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Disertasi, Jilid Tiga. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hadis, A. (2008). Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung.

Hasan, B. (2006). Career Maturity of Indians Adolescents as A Function of Self Concept, Vocational Aspiration and Gender. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 2 (32), 110-135.

Hasibuan, M. (2003). Organisasi dan motivasi, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Huijuan, Z. (2009). The Adversity Quotient and Academic Performance Among College Student at St. Joseph’s College, Quezon City. (Thesis). Faculty of The Departments of Art and Sciences. St Joseph’s College.

Hurlock, E. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Jajang. (2008). Mengejar Ilmu Sambil Belajar Kerja. Media Indonesia Edisi Juni.

Klerk, J. J. (2005). Motivation to work, work commitment and man’s will to meaning. University of Pretoria: Dissertation.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Kosine, N. R., & Lewis, M. V. (2008). Growth & Exploration: Career Development Theory and Programs of Study. Career and Technical Education Research, 33(3), 227-243.

Levinson, E. (1998). Six Approaches to the Assessment of Career Maturity. Journal of Counseling and Development, 7 (6) 67-93.

Mantra, I. B. (2000). Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mayasari, I. (2010). Hubungan antara Kematangan Vokasional dengan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Monks F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono S. R. (2002). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, Edisi Keempat Belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Richard, G. (2007). Career Maturity of Students in Accelerated Versus Traditional Programs. Journal The Career Development Quarterly, 56 (2) 20-45.

Ronen, S. (1981). Flexible Working Hours: An Innovation in The Quality of Work Life. USA: Mc. Graw-Hill Book Company.

Salim, P., & Yenny, S. (2002) Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English press.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. M. (2000). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sharf, R. S. (1992). Applying Career Development Theory to Counseling. California: Books/Cole Publishing Company.

Singh S. P., & Rethinam, P. (2005). Rhinoceros beetles. APCC. Jakarta. 126 p

Stoltz. (2000). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo:.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukadji. (2001). Sukses di perguruan tinggi. Depok: Indonesia University Press.

Sumari, M., Louis, G. J., & Sin, M. N. S. (2009). Family Interaction Patterns: Relation to Career Beliefs and Career Maturity of College Students. The International Journal of Research and Review, 2 (4) 18-48.

Suryabrata, S. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanti, E. (2008). Hubungan Self-Efficacy dengan Kematangan Karir. Tesis Jurusan Bimbingan dan Konseling SPS UPI Bandung: UPI Bandung Press.

Sya'ban, H. (2006). Menyusun skripsi hanyalah formalitas? Pikiran Rakyat.

Syamsiah, E. N. (2012). Profil Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas serta Implikasinya Bagi Bimbingan Karir. Skripsi. Bandung: PPB FIP UPI Bandung

Taganing, A. Z. (2007). “Pengaruh Locus of Control dan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)” Journal Psikologi, Ekonomi, Arsitek dan Sipil, 2 (1), 1-25.

Tarigan, M. S. A. (2006). Perbedaan Adversitas Quotient ditinjau dari Gaya Kelekatan pada Salesmen.

Ulfasari, D. (2004). Perbedaan Kreativitas Ditinjau Dari Tipe Adversity Quotient Yang Dianut Karyawan Pemasaran Farmasi. Tesis Master pada Fakultas Psikologi UGM. Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Wantanabe, L. E. (2005). The Effect of College Student Employment on Academic Achievement. Undergraduate Research Journal.

Wijaya, F. (2009). Hubungan Antara Kematangan Karir dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X MAN Cibinong. Skripsi Jurusan Psikologi. Universitas Gunadarma.

Williams, M. W. (2003) The relationship between principal response to adversity and student achievement. Unpublished doctoral dissertation, Cardinal Stritch University.

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi, Cetakan Kelima). Jogjakarta: Universitas Sanatha Dharma, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Wlodkowski, R. J., & Jaynes, J. H. (2004). Motivasi Belajar cet. I. Depok: Cerdas Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id