Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif
Yarian Alamanda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diri dan gaya hidup terhadap perilaku konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 98 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku konsumen, harga diri dan gaya hidup. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh dan harga diri yang signifikan terhadap perilaku konsumtif yang dibuktikan dengan koefisien beta (β) sebesar -0,067, dan nilai t hitung sebesar -0,549 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,985 dan p value dari 0,585 (p> 0,005). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif yang dibuktikan dengan koefisien beta (β) sebesar 0,549, dan nilai t hitung 4,503 lebih besar dari t tabel 1,985 dan nilai p 0,000 (p <0,005). (3) terdapat pengaruh antara harga diri dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan nilai F = 2.110 R2 = 0.255, dan p = 0.000 (p <0.005).
Arikunto, S. (2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi. Vol 11, No 1.
Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Verkuyten, M. (2003). Positive and Negative Self-Esteem Among Ethnic Minority Early Adolescents: Social and Cultural Sources and Threats. Youth and Adolescence. XXXXII (4), 267-277.
Winarsunu, T. (2010). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Department of Psychology Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411 Phone: +62 813 35350368 E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id