Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif

Yarian Alamanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diri dan gaya hidup terhadap perilaku konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 98 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku konsumen, harga diri dan gaya hidup. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh dan harga diri yang signifikan terhadap perilaku konsumtif yang dibuktikan dengan koefisien beta (β) sebesar -0,067, dan nilai t hitung sebesar -0,549 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,985 dan p value dari 0,585 (p> 0,005). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif yang dibuktikan dengan koefisien beta (β) sebesar 0,549, dan nilai t hitung 4,503 lebih besar dari t tabel 1,985 dan nilai p 0,000 (p <0,005). (3) terdapat pengaruh antara harga diri dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan nilai F = 2.110 R2 = 0.255, dan p = 0.000 (p <0.005).

Keywords


harga diri, gaya hidup dan perilaku konsumen.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi. Vol 11, No 1.

Kotler, P., & Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mandey S. L. (2009). Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 6. No 1.

Maslow, H. A. (2010). Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali.

Monks. (2001). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Verkuyten, M. (2003). Positive and Negative Self-Esteem Among Ethnic Minority Early Adolescents: Social and Cultural Sources and Threats. Youth and Adolescence. XXXXII (4), 267-277.

Winarsunu, T. (2010). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id