Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Orang Tua Terhadap Orientasi Masa Depan

Lola Aprilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan orang tua terhadap oreintasi masa depan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 100 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala orientasi masa depan, efikasi diri, dan dukungan orang tua. Data yang terkumpul dianalisis uji korelasi dengan regresi linier berganda dengan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan orientasi masa depan dibuktikan dengan koefisien beta (β) 0,278, dan nilai t = 2,682> t tabel = 1,290 dan nilai p = 0,009 <0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua dengan orientasi masa depan yang dibuktikan dengan koefisien beta (β) 0,388 dan nilai t hitung = 3,742> t tabel 1,290 dan p = 0,000 <0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self efficacy dan dukungan orang tua terhadap orientasi masa depan dibuktikan dengan indigo f = 27,661> 2,36 dan p value = 0,000 <0,05. Kontribusi pengaruh (R2) self efficacy dan dukungan orang tua terhadap hasil orientasi masa depan sebesar 0,519.

Keywords


Efikasi Diri, Dukungan Orang Tua, Orientasi Masa Depan

Full Text:

PDF

References


Afifah. (2011). Pengaruh Dukungan Orang Tua terhadap Orientasi Masa Depan dalam Area Pekerjaan pada Remaja. Jurnal psikologi. 4 (1). 132 – 142.

Agusta, Y. N. (2015). Hubunga antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Mulawarman. Ejournal Psikologi. 3 (1). 369-381.

Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri dan Penyusaian Diri Pada Remaja. Cetakan ke Empat. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ambari, P. K. M. (2010). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Keberfungsian Sosial Pada Pasien Skizofrenia Pasca Perawatan di Rumah Sakit. Ejournal Psikologi. 37(1). 269 – 276.

Anam, K. (2017). Hubungan antara Konformitas dan Dukungan Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 2 Samarinda. Ejournal Psikologi. 5 (1). 1 – 11.

Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: RinekaCipta.

Alwisol. (2012). Psikologi kepribadian edisi revisi. Malang: UMM Press

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.

Bernado, A. B. I. (2010). Exploring Filipino adolescents’ perceptions of the legitimacy of parental authority over academic behaviors. Journal of Applied and Developmental Psychology. 31 (1). 273-280.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Feist, J., Feist, J.G. (2010). Theories of personality (6th ed). New York: McGraw Hill Companies.

Fida, R., Laschinger, HKS, & Leiter, M. (2018) The Protective Role of Self Efficacy against Workplace Incivility and Burnout in Nursing: A Time-lagged Study. Journal Health Care Management Review. 65 (1). 1 – 26.

Friedman, H. S.& Schustack, M. W. (2008). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Ghufron. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Hadi, S. (2004). Methodology Research. Jilid 1 Yogyakarta: Andi Offset.

Hawadi, L. F. & Noviyanti, S. (2009). Orientasi masa depan dalam bidang pendidikan bidang karir siswa SMA program akselerasi dan siswa reguler. Jurnal Keberbakatan & Kreativitas, Ejournal psikologi. 03 (01), 1-12.

James, M. P. R., Garcia, S. L. D., Restubog, L. S., Toledano, L. R., Tolentino., Alannah, E. R. (2012). Differential Moderating Effects of Student- and parent-Rated Support in the Relationship Between Learning Goal Orientation and Career

Decision-Making Self-Efficacy. Journal of Career Assessment. 20 (1). 21-33.

Kasmadi & Sunariah, N. S. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Mukhid. (2009). Self Efficacy: Perspektif Teori Kognitif Sosial dan. Implikasinya terhadap Pendidikan. Jurnal Tadrîs. 4 (1). 106-. 122.

Nasution, S. (2006). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, M. E., & Usman, H. (2006). Proses Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Nurmi, J. E. (1989). Adolescents’ Orientation to the future. Helsinki: Societas Scientiarium Fennica.

Nurrohmatulloh, M. A. (2016). Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Orang Tua dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguuan Tinggi. Ejournal Psikologi. 4 (4). 446 – 456.

Pudjiastuti, E., Damayanti, T., Bellanisa, J. (2015). Hubungan “Self Efficay” dengan Orientasi Masa Depan Area Pendidikan Siswa Kelas XI Jurusan IPA Sekolah Bertaraf Internasional SMA Negeri 5 Bandung. Jurnal Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung. 3 (1). 269 – 276.

Purwanto, M. Ngalim. (2002). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohmad & Supriyanto. (2015). Pengantar Statistika: Panduan Praktis bagi Pengajar dan Mahasiswa. Yogyakarta: Kalimedia.

Safitri, D. E., Haryadi, S., & Prihastuty, R. (2014). Pengaruh Kepuasan Pemberian Kompensasi oleh Perusahaan terhadap Semangat Kerja Karyawan di TPKS. Journal of Social and Industrial Psychology. 3 (1): 13-19.

Saroni, M. (2008). Perlunya Pengawasan Terhadap Masa Depan. Artikel online.http://kompas.co.id/index.php/read/xml/2008/03/16/18201854/melalui.orientasi.masa.depan.cukupkah.htm. Diakses pada tanggal 17 April 2017.

Seginer, R. (2009). Future orientation: Developmental and ecological perspectives. New York, NY: Springer.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2007). PsikologiKepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tangkeallo, G. A., Purbojo, R., Sitorus, k. S. (2014). Hubunga antara Self Efficacy dengan Orientasi Masa depan Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi, 10 (1), 25-32.

Triana, k. A. (2013). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan Dengan Prokrastinasi Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Mulawarman Samarinda. eJournal Psikologi, 1(3), 280-291.

Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Putra, M. D. K., & Tresniasari, N. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial dan Self-Efficacy Terhadap Orientasi Masa Depan pada Remaja. Journal of Psychology, 20 (8), 71 – 82.

Rohmad., & Supriyanto. (2015). Pengantar Statistika: Panduan Praktis bagi Pengajar dan Mahasiswa. Yogyakarta: Kalimedia.

Widoyoko, S. Eko Putro. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Woolfolk. (2009). Educational Psychology: Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Edisi kesepuluh. Cetakan pertama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id