Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir

Diana Masturina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi diri, dan kepercayaan diri dengan perencanaan karir. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda untuk menentukan seberapa besar hubungan dan kemampuan prediksi variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa Jurusan Pertanian Universitas Mulawarman. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi diri terhadap perencanaan karir berpengaruh signifikan dengan perolehan beta = 0,682, t hitung> t tabel = 9,855> 1,983, dan p = 0,000 <0,050. Kemudian dalam kepercayaan diri terhadap perencanaan karir memiliki pengaruh yang sangat signifikan dengan perolehan beta = 0,144, t hitung> t tabel = 2,739> 1,983, dan p = 0,007 <0,050. Kemudian hasil analisis kompetensi diri dan kepercayaan diri terhadap perencanaan karir memiliki pengaruh yang sangat signifikan: dengan perolehan F hitung> F tabel = 65510> 3,150, R2 = 0,567, dan p = 0,000 <0,050.

Keywords


kompetensi diri, kepercayaan diri, perencanaan karir.

Full Text:

PDF

References


Al-Ghifari, A. (2003). Remaja Korban Mode. Bandung: Mujahid.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Bangkit, I. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia. Vol. 5 (1), pp. 33-42.

Dahlan, S. M. (2013). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta: Salemba Medika.

Dessler, G. (2008). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT. Indeks.

Ghufron, M. (2011). Teori-teori Psikologi. Jogyakarta: ArRuzz Media.

Hakim, T. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Inge, P. A. (2010). Memperkuat Kepercayaan Diri Anak Melalui Percakapan Referensial. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 9 (15), Pp. 37-48.

Krasnor, L. (2007). The Nature of Social Competence: A Theoretical Review. Sosial Development. Vol 6 (1) Pp. 111-129.

Kunandar. (2009). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Lauster, P. (2003). Tes Kepribadian (alih bahasa: D.H. Gulo). Jakarta: Bumi Aksara.

Luxory, Y. (2005). Percaya diri. Jakarta: Khalifa.

Mastuti., & Aswi. (2008). 50 Kiat percaya diri. Jakarta : Buku Kita.

Nurmi, J. E. (2004). Socialization and self-development: Channeling, selection, adjustment, and reflection. In R.Lerner & L.Steinberg (Eds.). Handbook of adolescent psychology (2nd ed., pp. 85–124). Hoboken, NJ: Wiley.

Purnamasari, A. (2006). Efektivitas Pelatihan Perencanaan Karir untuk Meningkatkan Kejelasan Arah Pilihan Bidang Minat Karir pada Mahasiswa Semester III Fakultas Psikologi. Humanitas: Indonesian Psychological Journal.Vol. 3 (1), pp. 38-49.

Rachmawati, Y. E. (2012). Hubungan antara Self Efficacy dengan Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir di Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Surabaya. Vol. 1 (1), Pp. 1-25.

Santrock, J. W. (2007). Adolescence (eleventh edition).New York: Mc Graw-Hill Companies.

Santrock. (2012). Psikologi Perkembangan Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Saputro, N. D., & Suseno, M. N. (2008). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Employability pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi. Vol. 23 (2), pp. 1-9.

Savickas, M. L. (2002). Career Construction. A Developmental Theory of Vocational Behavior 4th Ed. San Francisco: Jossey-Bass.

Simamora, H. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sukmayanti, N. L. (2016). Pengaruh Kompetensi Intelektual dan Pengembangan Karir Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen. Vol. 4 (16), pp. 1-8.

Supriatna. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Uno, H. (2010). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Edisi Revisi, Cetakan Kelima. Jogjakarta: Universitas Sanatha Dharma, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id