Hubungan Stres Akademik dan Self-Regulated Learning Dengan Kecanduan Jejaring Sosial

Nita Anggreani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan pembelajaran mandiri terhadap kecanduan jejaring sosial pada siswa kelas 12 Sekolah Menengah Atas 5 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian yang berjumlah 112 siswa menjadikan peneliti menggunakan teknik purpossive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala stres akademik, skala belajar mandiri dan skala kecanduan jejaring sosial. Data penelitian dianalisis dengan Pearson Product Moment Correlation Test oleh program Statistik Paket untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk Windows. Hasil ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara stres akademik dan kecanduan jejaring sosial di kelas 12 SMA 5 Samarinda dengan r = 0,355 dan p = 0,000. Selain itu, antara belajar mandiri dan kecanduan jejaring sosial ada juga yang memiliki korelasi negatif dan signifikan dengan r = -0.244 dan p = 0,010.

Keywords


kecanduan jejaring sosial, tekanan akademis, pembelajaran mandiri.

Full Text:

PDF

References


Abadi, T. W., Fandrian S. & Dian A. U. (2013). Media sosial dan pengembangan hubungan interpersonal remaja di Sidoarjo. Kanal, 2 (1), 96-106

Al-Absi, M. (2007). Stress and addiction: Biological and psychological mechanisms. United States of America: Academic Press

APJII. (2016). Infografis penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia. Diakses dari www.apjii.or.id/survei

Basnur, P. W. & Dana I. S. (2010). Pengklasifikasian otomatis berbasis ontology untuk artikel berita berbahasa Indonesia. Jurnal Makara Teknologi, 14 (2), 29-35

Bian, M., & Louis L. (2014). Linking loneliness, shyness, smartphone addiction symptoms, and patterns of smartphone use to social capital. Social Science Computer Review, 33 (1), 61-79

Buente, W. & Alice R. (2008). Trends in internet information behavior: 2000-ture2004. Journal of the American Society for Information Science, 1-34

Cam, E., & Onur I. (2012). A new addiction for teacher candidates: Social networks. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 11 (3), 14-19

Chung, M. K. (2000). The development of self-regulated learning. The Institute of Asia Pasific Education Development, 1 (1), 55-56

Finkelstein, D. M., Laura D. K., & Elisabeth G. (2006). Social status, stress, and adolescent smoking. Journal of Adolescent Health, 39, 678–685

Gaol, N. T. L. (2016). Teori stres: stimulus, respons, dan transaksional. Buletin Psikologi, 24 (1), 1-11

Griffiths, M. D. (2000) Internet addiction–time to be taken seriously?. Addiction Research and Theory, 8 (5), 413-418

Haryuningrum, R. & Dian R. S. (2015). Regulasi diri dan adiksi situs jejaring sosial facebook pada mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Jurnal Empati, 4 (4), 282-286

Hur, M. H. (2006). Demographic, habitual, and socioeconomic determinants of internet addiction disorder: An empirical study of Korean teenagers. Cyberpsychology & Behavior, 9 (5), 514-525

Kim, K. (2013). Association between internet overuse and aggression in Korean adolescents. Pediatrics International, 55 (6), 703-709

Kirik, A. M., Ahmet A., Ahmet C., & Mehmet G. (2015). A quantitative research on the level of social media addiction among young people in Turkey. International Journal of Science Culture and Sport, 3 (3), 108-122

Kuss, D. J., & Mark D. G. (2011). Online social networking and addiction-a review of the psychological literature. International Journal of Environmental Research and Public Health, 8 (9), 3528-3552

Mythily, S., Qiu S. & Winslow M. (2000). Prevalence and correlates of excessive Internet use among youth in Singapore. Annals of the Academy of Medicine, Singapore, 37 (1), 9–14

Ningtyas, S. D. Y. (2012). Hubungan self control dan internet addiction pada mahasiswa. Educational Psychology Journal, 1 (1) 28-33

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi pendidikan: membantu siswa tumbuh dan berkembang. Alih Bahasa: Amitya Kumara. Jakarta: Erlangga

Pattayakorn, P. (2012). Internet addiction, stress, and academic outcome among undergraduate students of an international, 1 (2), 463–468.

Putri, G. A. (2017). Hubungan stres akademik dengan kecanduan internet pada remaja SMA di Kecamatan Andir Kota Bandung. Faletehan Health Journal, 4 (4), 223-227

Restuti, R. (2016). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Kecanduan Media Sosial. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Rouis, S., Moez L. & Esmail S. S. (2011). Impact of facebook usage on students’ academic achievement: roles of self-regulation and trust. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 9 (3), 961– 994

Sarafino, E. P. & Smith T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions – Seventh Edition. USA: John Wiley & Sons Inc

Shen, K. N. & Mohamed, K. (2010). Facebook usage among Arabic college students: Preliminary findings on gender differences. International Journal e-Business Management, 4 (1), 53-65

Soetjipto, H.P. (2005). Pengujian validitas konstruk kriteria kecanduan internet. Jurnal Psikologi, 32 (2), 74-91.

Sofia, L., Mulyana, N., Firma, A. L., & Verlanda, A. (2017). “One Hour Rule” Sebagai Self-Regulation Pada Mahasiswi Dengan Cinderella Complex. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 10-16.

Song, X. Q. (2010). Status of internet addiction disorder and its risk factors among first-grade junior students in Wuhan. Zhonghua Liu Xing Bing Xue Za Zhi, 31 (1), 14–17

Turel, Y. K., & Muhammet T. (2015). The relationship between internet addiction and academic success of secondary school students. Anthropologist, 20 (1), 280-288

Widiantari, S. K., & Yohanes K. H. (2013). Perbedaan intensitas komunikasi melalui jejaring sosial antara tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 1 (1), 106-115

Wilks, S. E. (2008). Resilience amid academic stress: The moderating impact of social support among social work students. Advances in Social Work, 9 (2), 106-125

Young, K. S. (2004). Internet addiction: A new clinical phenomenon and its consequences. American Behavioral Scientist, 48 (4), 402-415

Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology. American Psychological Association, 81 (3), 329-339.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id