Dukungan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Sedang

Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran dukungan orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak retardasi mental di SD Slb C Ruhui Rahayu Samarinda. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi tentang enam orang ibu siswa. Subjek pertama PJ, bentuk dukungan yang diberikan adalah dukungan emosional, dengan penuh perhatian dan kasih sayang, karena subjek membantu ketika anak kesulitan melakukan sesuatu agar kemandirian anak dapat terlihat. Subjek kedua SW, bentuk dukungan yang diberikan adalah dukungan informatif, sehingga anak dapat melakukan sesuatu sendiri dan mendengarkan nasehat dan arahan dari subjek. Subjek ketiga DW, bentuk dukungan yang diberikan adalah dukungan emosional, dengan perhatian dan nasehat ketika anak tidak dapat membersihkan dengan baik dan tepat serta subjek juga mendampingi dan menyemangati saat anak belajar. Subjek keempat AG, bentuk dukungan yang diberikan adalah dukungan emosional dengan memberikan nasehat dan membantu anak ketika anak terlihat emosi karena tidak dapat mengambil sesuatu yang diinginkan. Kelima mata pelajaran RM, bentuk dukungan yang diberikan adalah dukungan emosional dengan membantu dan memberikan arahan kepada anak agar kemandirian anak dapat diketahui saat anak belajar sendiri dan mendengarkan arahan mata pelajaran. Mata pelajaran keenam RY, bentuk dukungan yang diberikan adalah dukungan emosional dengan memperhatikan saat anak sedang membersihkan teras rumah dan memperhatikan saat anak belajar.

Keywords


dukungan orang tua, kemandirian anak retardasi mental

Full Text:

PDF

References


Astati. (2011). Bina Diri Untuk Tunagrahita. Bandung : Amanah Offset.

Friedman. M. M. (2008). Keperawatan keluarga. Jakarta : EGC.

Muliana. (2013). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kemandirian Anak Retardasi Mental Sedang Di SLB Negeri Tingkat Pembina Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Vol. 3, No. 2, p: 89-96.

Mumpuniarti. (2007). Pendekatan Bagi Pembelajaran Anak Hambatan Mental. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Nurrohmatulloh, M. A. (2016). Hubungan Orientasi Masa Depan Dan Dukungan Orang Tua Dengan Minat Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi. Jurnal Psikoborneo, Vol. 4, No. 4, p: 446-456.

Pancawati, R. (2013). Penerimaan Diri dan Dukungan Orang Tua Terhadap Anak Autis. Jurnal Psikoborneo, Vol. 1, No. 2, p: 38-47.

Pangemanan, D. H. C., Durado, A. A., & Tololiu, T. A. (2013). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Konsep Diri Pada Remaja SMA Negeri Manado. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado, Vol.2, No.1, p: 1-8.

Pujawati, Z. (2016). Hubungan Kontrol diri dan Dukungan Orang Tua dan Perilaku Disiplin Pada Santri di Pondok Pesantren Darussa’adah Samarinda. Jurnal Psikoborneo, Vol. 4, No. 2, p: 227-236.

Santy, W. H., & Sari, O. A. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kemandirian Personal HYGIENE Anak Tunagrahita Di SLB Tunas Mulya Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 1, No 2, p: 133-141.

Saptunar. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 1, No. 1, p: 102-112.

Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 2. Jakarta : Kanisius.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa.Bandung : PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Tuwoso., Kusuma, F. I., & Sutadji, E. (2014). Kontribusi Dukungan Orang Tua Penguasaan Pengetahuan Dasar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Pencapaian Komperensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan Universitas Malang, Vol. 4, No. 1, p: 1-14.

Vauziah, E. (2016). Bimbingan Kemandirian Anak Tunagrahita Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Musik Di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol. 4, No. 1, p: 30-35.

Washington. (2005). Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorders. DSM IV. American Psychiatric Association.

Widyarini, N. M. M., & Widianingsih, R. (2009). Dukungan Orang Tua Dan Penyesuaian Diri Remaja Mantan Pengguna Narkoba. Jurnal Psikologi Universitas Gunadarma, Vol. 3, No. 1, p: 10-15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id