Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru dan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa

Sinta Puspita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 7 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 7 Samarinda dengan jumlah sampel 91 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar, persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dan dukungan orang tua. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi berganda dan analisis regresi sederhana dengan program Statistical Package for Special Sciences (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan dukungan orang tua dengan motivasi belajar dengan nilai f hitung> f tabel (29,306> 3,10) dan p = 0,000 (p <0,05). Kontribusi pengaruh (R2) terhadap persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 0,400; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar dengan koefisien beta (β) = 0,418, dan nilai t> t tabel (4,341> 1,987) dan nilai p = 0,000 (p <0,05); (3) terdapat hubungan negatif dan signifikan dukungan orang tua dengan motivasi belajar dengan koefisien beta (β) = 0,608, dan nilai t> t tabel (7,227> 1,987) dan nilai p = 0,000 (p <0,05).

Keywords


motivasi belajar, persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, dukungan orang tua

Full Text:

PDF

References


Afandi, I., Rini, R., & Jubaedi, A. (2018). Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Penjasorkes. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 2(1).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, E. F. (2007). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial-Ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padamara Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2005/2006. Jurnal Pendidikan. 2 (5), 1-12

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media.

Brophy, J. (2004). Motivating Students to Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Djamarah, S. B. (2004). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati., & Mudjiono. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Gottlieb, B. H. (1983). Social Support Strategies, Guidelines for Mental Health Practice. London: Sage Publications.

Hadi, S. (2010). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Publisher.

Hamalik, O. (2008). Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, F. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta. Jurnal Psikologi. 2 (3), 148-152.

Imron, N. (2015). Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru Hubungannya dengan Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran di SMK Paramarta Tangerang Selatan. Jurnal Psikologi. 1 (1), 1-13.

Lumsden, L. S. (1994). Manajemen dan Pengelolaan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Pintrich, P. R. (2003). Motivation and Classroom Learning. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc

Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E. P. (2002). Health Psychology: Biopsychological Interaction. New York: John Willey & Sons. Inc.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Spencer, M., Lyle, J., & Signe, M. S. (1993). Organisasi: Competency At Work, Models For Superior Performance. New York: John Wiley & Son Inc.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Suryabrata, S. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sofia, L. (2012). Hubungan Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Motivasi Berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 81-90.

Tan, J. H., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2013). Hubungan antara Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah Kelas IV dan V di SD Negeri Kawangkoan Kalawat. E-Journal Keperawatan. 1 (1), 1-8.

Taylor, E. S. (2003). Health Psychology. New York: McGraw-Hill Hinger Education.

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Werdayanti, A. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 3 (1), 79-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id