Hubungan Kemandirian Dengan Self-Regulated Learning Pada Usia Remaja
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M., & Asrori. (2011). Psikologi Remaja-Perkembangan Peserta Didik.Cetakan ketujuh. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Alwisol. (2006). Psikologi kepribadian, edisi revisi. Malang: UMM Press.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Cetakan 14. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.
Budiyanto, M., & Machali, I. (2014). Pembentukan Karakter Mandiri melalui Pendidikan Agriculture di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. No. 2.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Herawati, F. (2014). Strategi Pembinaan Kemandirian dan Kedisplinan Santri di Pondok Pesantren Darul Ibadah Al Baiad Surabaya. Kajian moral dan Kewarganegaraan. Volume 3 No. 2.
Hurlock. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta : Penerbit Grafindo Jakarta
Irene, L. (2013). Perbedaan Tingkat Kemandirian dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantauan Suku Batak Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi. Volume 1 No. 2.
Kaharuddin, F., & Afif, A. (2015). Perilaku belajar peserta didik ditinjau dari pola asuh otoriter orangtua. Auladuna. Volume 2, No 2.
Latipah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan prestasi belajar : Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi. Volume 37 No. 1.
Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Paidi. (2008). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi yang Mengimplementasikan PBL dan Strategi Metakognisi, serta Efektifitasnya terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Sleman Yogyakarta. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Puspitasari, A. (2013). “Self Regulated Learning ditinjau dari Goal Orientation”. Skripsi. Fakultas ilmu pendidikan, Psikologi. Universitas Negeri Semarang.
Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.
Risnanosanti. (2008). Kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pythagoras. Volume. 4, No. 1.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54-67.
Sabri, T. (2010). Memupuk kemandirian sebagai strategi pengembangan kepribadian individu siswa dalam belajar. Jurnal pendidikan Sosiologi dan Humanivora. Volume 1 no 1.
Santosa, A. W. U., & Marheni, A. (2013). Perbedaan kemandirian berdasarkan tipe pola asuh orang tua pada siswa SMP Negeri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. Volume 1 No. 1.
Sulistyorini, M., & Thirani, C. H. Prabandani RY Ratih Noviyasari. B. Warindrayana, FX (2006). Membuat Prioritas Melatih Anak Mandiri.
Suryadi, D., & Damayanti, C. (2003). Perbedaan tingkat kemandirian remaja putri yang ibunya bekerja dan yang tidak bekerja. Jurnal Psikologi. Volume 1 No. 1.
Steinberg, L. (2002). “Adolescence” . Edisi ke-6. McGraw-Hill, Inc: USA.
Tandilling, E. (2012). Pengembangan instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi matematik, pemahaman matematik, dan Self Regulated Learning siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 13 no 1.
Williams, K. C., & Williams, C. C. (2011). Five key ingredients for improving student motivation. Researchin Higher Education Journal, 11.
Woolfolk. (2009). Educational Psychology : Active Learning Edition. Boston : Allyn & Bacon.
Yudhawati, R,. & Haryanto, D. 2012. Teori-teori dasar Pikologi pendidikan. Cetakan pertama; Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yuniar, M., Abidin. Z., & Astuti, T. P. (2005). Penyesuaian Diri Santri Putri Terhadap Kehidupan Pesantren: Studi Kualitatif pada Madrasah Takhasusiah Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 2, No.1.
Zakiyah, N., Hidayati, F., Nuzulia R., & Setyawan, I. (2010). Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang. Jurnal Psikologi Undip. Volume. 8, No. 2.
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2004). Becoming a self regulated learner : An overview. Journal of Educational Psychology, vol. 41, no. 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id