Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harapan Orangtua Terhadap Kepribadian Hardiness

Hera Saputri

Abstract


Kepribadian hardiness adalah sifat kepribadian yang menyebabkan individu yang lebih kuat baik di dalam maupun di luar diri. Untuk atlet, kepribadian hardiness sangat penting bagaimana atlet bisa kuat tidak dalam kompetisi, terutama dalam pertandingan PON. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan diri dan harapan orangtua terhadap kepribadian hardiness pada atlet yang gagal lolos seleksi PON 2016 di Samarinda. Jumlah sampel adalah 100 atlet. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala hardiness, skala kepercayaan, dan skala harapan orangtua. Tiga skala disusun oleh penskalaan model Likert dan analisis statistik menggunakan AMOS versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri dengan hardiness menunjukkan nilai regresi sebesar 1,361, dengan tingkat signifikan 5% (nilai P 0,084 atau ≤ 0,05) dan nilai critical ratio (CR) sebesar 1,728 (CR ≥ 1,96) berarti tidak ada pengaruh antara kepercayaan diri dan hardiness. Kemudian harapan orangtua dengan kepribadian hardiness menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,316, dengan tingkat signifikan 5% (nilai P 0,173 atau ≤ 0,05) dan nilai critical ratio (CR) sebesar 1,361 (CR ≥ 1,96) yang berarti tidak ada pengaruh antara harapan orangtua dan kepribadian hardiness.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Bissonnette, M. (1998). Optimism, hardiness, and resiliency: A review of the literature prepared for the child and family partnership project.

Fatimah, E. (2006). Psikologi perkembangan (perkembangan peserta didik). Bandung: Pustaka Setia, 142.

Ghozali, I. (2016). Model persamaan struktural: Konsep dan aplikasi dengan program amos 24 edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadjam, N. R. (2003). Peranan dimensi kepribadian tangguh terhadap gangguan somatisasi (Unpublished Doctoral Disertation). Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Herman. (2011). Psikologi olahraga. Jurnal ILARA, 2 (2), 1-7.

Husdrata, H. J. S. (2014). Psikologi olahraga: Cetakan ketiga. Bandung: Alfabeta.

Ibrahim, H. I., Jaafar, A. H., Kassim, M. A., & Isa, A. (2016). Motivational climate, self-confidence and perceived success among student athletes. Procedia Economics and Finance, 35, 503-508.

Jayanti, R., & Widayat, I. W. (2014). Hubungan antara Tuntutan Orang Tua terhadap Prestasi dengan Perfeksionisme pada Anak Berbakat di SMA Negeri 1 Gresik. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 3(3), 153-158.

Kobasa, S. C., Maddi, S. R., & Kahn, S. (1982). Hardiness and health: a prospective study. Journal of personality and social psychology, 42(1), 168.

Lauster, P. (2003). Tes Kepercayaan diri. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Merhparvar, A & Soltani, M. K. (2013). A comparison of psichologycal hardiness in male athlete and non-athlete students. European Journal of Experimental Biology, 3 (1), 627-630.

Kagendo Mutua, N., & Dimitrov, D. M. (2001). Parents' expectations about future outcomes of children with MR in Kenya: Differential effects of gender and severity of MR. The Journal of Special Education, 35(3), 172-180.

Angelis, B. D. (2005). Confidence: percaya diri sumber sukses dan kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga, 422-4.

Soekanto, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Snyder, C. R., Harris, C., Anderson, J. R., Holleran, S. A., Irving, L. M., Sigmon, S. T., ... & Harney, P. (1991). The will and the ways: development and validation of an individual-differences measure of hope. Journal of personality and social psychology, 60(4), 570.

Solimun, (2006). Memahami metode kuantitatif mutakhie: structural equation modeling dan partial least square. Malang: Program Studi Statistika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Yamamoto, Y., & Holloway, S. D. (2010). Parental expectations and children's academic performance in sociocultural context. Educational Psychology Review, 22(3), 189-214.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id