Hubungan Tipe Kepribadian dan Budaya Organisasi dengan Kesejahteraan Subjektif Pegawai

Ghali Hadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tipe kepribadian dan budaya organisasi terhadap kesejahteraan subyektif terhadap karyawan kantor kecamatan di Kota Samarinda. Analisis data diperoleh dari 61 sampel karyawan yang dipilih dengan teknik quota sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala budaya organisasi, skala kesejahteraan subyektif dan tes kepribadian DISC. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji Kruskal Wallis, uji Kendall Tau, dan tes Main Whitney U dengan bantuan Statistical Package of Social Science (SPSS) 20.0 for windows. Hasil penelitian dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian dan kesejahteraan subjektif yang diperoleh dari hasil perhitungan Chi Square > tabel Chi Square (45,930> 7,815) dan sig 0,000 (p <0,050); (2) Tidak ada korelasi yang signifikan antara budaya organisasi dan kesejahteraan subyektif dan skor yang diperoleh adalah 0,701 (p > 0,050) dan skor R adalah 0,036 (3,6 persen); dan (3) Tidak ada perbedaan kesejahteraan dari orang dengan D dan tipe kepribadian I dengan p = 0,883 (p > 0,050), tidak ada perbedaan kesejahteraan dari orang dengan tipe kepribadian S dan C dengan p = 0,146 (p > 0,050).

Full Text:

PDF

References


Ariati, J. (2010). Subjective well-being dan kepuasan kerja pada staff pengajar di lingkungan Fakultas Psikologi Dipenogoro. Jurnal Psikologi, 8 (2), 117-123.

Conceição, P., & Bandura, R. (2008). Measuring subjective wellbeing: A summary review of the literature. United nations development programme (UNDP) development studies, working paper.

Dorland, W, A, N. (2007). Dorland’s illustrated medical dictionary. Philadelphia: Saunders.

Hall, C. S., & Lindzey, G. (1994). Teori-teori psikodinamik (klinis). Penerbit Kanisius.

Hanggoro, Y. (2015). Penelitian deskriptif: Subjective well-being pada biarawati di Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.(skripsi).

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Linley, P. A. & Joseph, S. (2004). Positive psychology in practice. New Jersey: John Wiley & Sons. Inc.

McShane, S, L., & Von Glinov, M, A. (2005). Organizationnal behavior third edition. New York: Graw-Hill Education.

Mujamiasih, M. (2013). Subjective well-being (SWB): studi indigenous pada pns dan karyawan swasta yang bersuku Jawa di pulau Jawa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Nisfiannor, M., & Rostiana, T. P. (2004). Hubungan Antara Komitmen Beragama Dan Subjective Well-Being pada Remaja Akhir Di Universitas Tarumanagara. Jurnal Psikologi Vol, 2(1), 74.

Nofiar, Y. (2005). DISC: The leading behavioral assessment tool-mengukur perilaku kerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiyono, P. D. (2008). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.

Supriyadi, G., & Guno, T. (2006). Budaya kerja organisasi pemerintah: Modul pendidikan dan pelatihan prajabatan golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia.

Wirawan, N. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id