Pengaruh Konformitas Dan Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Pemikiran Radikalisme

Hardiansyah Hardiansyah

Abstract


Munculnya organisasi-organisasi Islam yang representasi agamanya meluas jauh ke luar negeri, melintasi batas negara. Inilah yang menyebabkan munculnya ide-ide agama baru di kalangan mahasiswa Muslim. Gagasan radikalisme di kalangan mahasiswa terjadi karena beberapa faktor salah satunya adalah adanya pengaruh sosial untuk mengikuti norma-norma yang ada dalam kelompok konformitas, serta doktrin yang diberikan berupa pemahaman atau pengahayatan nilai-nilai agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesesuaian dan internalisasi nilai-nilai Islam pada Pusat Kajian Islam Mahasiswa Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 anggota Universitas Islam Pusat Studi Universitas Mulawarman yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kesesuaian, internalisasi nilai-nilai Islam dan pemikiran radikal. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Amos versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian dengan pemikiran radikal menunjukkan nilai CR sebesar -0.857 ≤ 1.96 dan nilai P sebesar 0.391> 0.05 yang artinya konformitas tidak berpengaruh pada pemikiran radikalisme. Kemudian pada internalisasi nilai-nilai Islam dengan pemikiran radikalisme menunjukkan nilai C.R sebesar -0,292 ≤ 1,96 dan nilai P sebesar 0,770> 0,05 yang berarti dalam internalisasi nilai-nilai Islam tidak terdapat pengaruh terhadap pemikiran radikalisme.


Full Text:

PDF

References


Abror, M. (2016). Radikalisasi dan Deradikalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas 3 Surabaya. Thesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Abdurrozaq. (2006). Kaidah-kaidah dalam berjihad: Al-Quthuuful Jiyaad min Hikami wal Ahkaamil Jihaad. Surabaya: Ma`had Ali Al-Irsyad

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Alam. L. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus. Jurnal Pendidikan Islam. 1(2):101-120

Alim. M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya

Aryani, G. (2006). Hubungan Antara Konformitas dan Perilaku Konsumtif Pada Remaja di SMA Negeri 1 Semarang. Skripsi. Semarang: Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Azra, A. (2011). Pergolakan Politik Islam, dari Funda-mentalis, Modernisme Hingga Post-Modernisme. Kompas. Jakarta: Paramadina.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Baiquni, H. A. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 26 Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Baron, R.A., Byrne, D., & Branscombe, N. R. (2008). Social Psychology. Edisi 12. Boston: Pearson

Bermi, W. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Untuk Membentuk Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-mukminun. Jurnal Al Lubab. 1(1):1-18

Chaplin. (2004). Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah Kartini Kartono. Edisi I Cetakan Ke-2 . Jakarta : Grafindo Persada.

Depdikbud. (1995). KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Edisi Kedua Cetakan keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Ghozali, I. (2016). Model Persamaan Struktural:Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 24 Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hadi, S. (2004). Metodologi Research II. Jakarta: Andi Ofset.

Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu AL-Muttaqin Kota Tasik Malaya. Jurnal Pendidikan Islam-Ta`lim. 10(1):69-77.

Laisa, E. (2014). Islam dan Radikalisme. Jurnal Islamuna. 1(1):1-18.

Maramis, W. F. (2006). Ilmu Perilaku Dalam Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Maryati, K., & Suryawati, J. (2007). Sosiologi Untuk SMA dan MA kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Melinda, E. (2013). Hubungan Antara Penerimaan Diri dan Konformitas Terhadap Intensi Merokok Pada Remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. eJournal Psikologi. 1(1):9-22.

Mukhbihat. (2014). Re-edukasi dan Re-Motivasi terhadap pelaku Radikalisme dan Terorisme: Membangun Keagamaan yang Inklusif dan Humanis di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusian. 7(1): 19-32

Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Nashihin. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Mulia. Jurnal Ummul Quara. 5(1)1-10.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurudin. (2013). Basis Nilai-Nilai Perdamaian: Sebuah Antitesis Radikalisme Agama di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Multikultural & Multireligius. Vol 12(3):64-82.

Nurjanah. (2013). Faktor Pemicu munculnya Radikalisme Islam Atas Nama Dakwah. Jurnal Dakwah. 14(2):177-198.

Nuh, N. M. (2009). Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Faham/Gerakan Islam Radikal di Indoensia. Jurnal Multikultural dan Multireligius. 8:(31)35-47.

Rahmawati, D. (2014). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Pengajar dan Mahasiswa. Yogyakarta: Kalimedia.

Sahri. (2016). Radikalisme Islam di Perguruan Tinggi Perspektif Politik Islam. Jurnal Hukum dan Perundangan Islam. 6(1):237-268

Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. (2009). Psikologi Sosial. Depok: Salemba Humanika.

Sears, D. O., Freedman. Jonatjan, L., & Peplau, L. A. (1994). Psikologi Sosial: Edisi kedua belas. Jakarta: Erlangga

Solimun. (2006). Memahami Metode kuantitatif mutakhie: Structural Equation Modeling dan partial Least Square. Malang: Program Studi Statistika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kalitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wade, C., & Tavris, C. (2007). Psikologi Edisi ke 9. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id