Prinsip Individual Adler Pada Atlet Tuna Daksa

Difiana Yulilla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Prinsip Individual Adler Pada Atlet Tuna Daksa dalam mencapai tujuan kesempurnaan (superioritas) yang berada di kota Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Peneliti menggunakan tekhnik purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, serta data dokumentasi yang terkait dengan keempat subjek tersebut. Adapun metode pengumpulan data yakni melalui wawancara mendalam dan observasi. Tekhnik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keempat subjek yaitu AS, JZ, JI, dan TO tidak dapat dipungkiri bahwa masih merasa memiliki rasa kurang percaya diri (inferioritas) jika harus bersosialisasi dengan orang yang memiliki kondisi fisik sempurna. Namun keempat subjek tersebut mampu mengompensasi kelemahannya tersebut dengan memperkuat organ tubuh yang lain untuk mencapai sebuah keberhasilan (superioritas) salah satunya dengan menjadi seorang atlet tuna daksa yang dimana hal tersebut telah mereka buktikan dengan beberapa prestasi yang telah dicapai.

Full Text:

PDF

References


Hambali, A., & Jaenudin, U. (2013). Psikologi Kepribadian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hikmawati, E., & Rusmiyati, C. (2011). Kebutuhan Pelayanan Sosial Penyandang Cacat. Jurnal Informasi. Volume 16 Nomer 1.

Jaenudin, U., & Hambali, A. (2015). Dinamika Kepribadian Psikodinamik. Edisi 1: Bandung: CV Pustaka Setia.

Karyana, A., & Widiawati, S. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Daksa. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kenchappanavar, R. N. (2012). Relationship Between Inferiority Complex and Frustration In Adolescent. Journal of Humanities and Social Science. Volume 2, Nomer 2, September-October.

Mangunsong, F. (2011). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Edisi 2. Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Rahayu, E., & Olivia, P. M. (2015). Hubungan Antara Goal Setting dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Atlet Renang. Jurnal Character, Volume 3 Nomer 2.

Suryabrata. S. (2011). Psikologi Kepribadian. Edisi 18. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tentama, F. (2010). Berfikir Positif Dan Penerimaan Diri Pada Remaja Penyandang Cacat Tubuh Akibat Kecelakaan. Jurnal Humanitas, Volume 7 Nomer 1 Januari.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id