Hubungan Need for Cognition Dengan Perilaku Prososial Mahasiswa

Laras Legitasia Hagang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan Need For Cognition dengan perilaku mahasiswa prososial di Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman Samarinda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dijumlahkan dengan teknik Random Sampling. Analisis data menggunakan model skala likert. Skala tersebut adalah skala perilaku prososial dan skala kebutuhan akan kognisi. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan dibantu dengan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku prososial dengan kebutuhan kognisi sebesar 0,751 dengan p = 0,000. Artinya ada hubungan yang kuat dan sangat signifikan antara kebutuhan kognisi dengan perilaku prososial pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Aritkunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Azwar, S. 2016. Reliabilitas dan Validitas, edisi ketiga. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Cacioppo, J. T., & Petty, R. E. (1982). The need for cognition. Iowa City : Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 42, 197

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2012). Psikologi sosial (cetakan kelima). Malang : UMM Press

David, A. M. D, 2012. The end of illness (cetakan kedua). New York: Free Press

Gerungan, W. A. (2002). Psikologi Sosial. Bandung : PT. Eresco

Kenrick. (2010). Social psychology: Goals in interaction (Edisi ke 4). United States : Pearson

Kountur, R. (2007). Metode Penelitian untuk penulisan Skripsi dan Tesis (edisi revisi). Jakarta : penerbit PPM.

Mahmud. (2003). Hubungan Antara Gaya Pengasuhan Orang Tua Dengan Tingkah Laku Prososial Anak. Bandung: FPUP. Jurnal Psikologi. Vol 11. No. 1

Matthews, G., Deary, I., Whiteman., & Martha, C. (2003). Personality Traits (Edisi kedua). England: Guilford Press

Mussen. (1980). Essential of Child Development & Personality. New York : Harper & Row Publisher Inc

Mussen, P. H., Conger, J. J & Kagan, J. (1989). Perkembangan dan Kepribadian Anak. Terjemahan oleh Budiyanto, G., Gayatri, A. Jakarta : Arca

Myres, D. G. (2012). Psikologi Sosial jilid 2 (Edisi 10). Jakarta : Penerbit Salemba Humanika

Sadowski, C. J., & Cogburn, H. E. (1997). Need for Cognition in the Big-Five Factor Structure. New York : The Journal of Psychology. Vol. 131 (3): 307–312.

Sears, D. O., Jonathan L. F., & Anne P. L. (1994). Psikologi Sosial Jilid 2. Alih Bahasa : Mikhael Adyanto. Jakarta : Erlangga

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id