Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Gaya Hidup Konsumtif Dengan Kepercayaan Diri

Uma Azhari Ulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan konformitas dan gaya hidup konsumen dengan kepercayaan diri di SMA Negeri 1 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan kemampuan prediksi variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah 329 siswa di SMA Negeri 1 Samarinda. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa di SMA Negeri 1 Samarinda yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 22.0 for windows 7. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan sangat signifikan antara konformitas teman sebaya dan gaya hidup konsumen dengan kepercayaan diri dengan F hitung> F tabel = 17.409> 3.150, R2 = 0.264, dan p = 0,000 <0,050. Ada hubungan negatif dan signifikan antara konformitas teman sebaya dengan kepercayaan diri dengan beta = -0,288, t hitung> t tabel = -3,232> 1,985, dan p = 0,002 <0,050. Kemudian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya hidup konsumen dengan kepercayaan diri dengan beta = 0,370, t hitung> t tabel = 4,150> 1,984, dan p = 0,000 <0,050.

Full Text:

PDF

References


Afiatin, T., & Martinah S. M. (1998). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok. Jurnal Psikologiku. 6, (2).

Al-Ghifari. (2003). Remaja Korban mode. Bandung: Mujahid.

Anastasia, A., & Urbina, S. (2006). Tes Psikologi. Jakarta: Penerbit Indeks.

Acharya., & Gupta. (2016). Self-Image Enhancement through Branded Accessories among Youths: A Phenomenological Study in India. The Qualitative Report Article 2. Vol. 21 No. 7 1203-1215.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial (10th ed.). Jakarta: Erlangga.

Featherstone, M. (2005). Posmodernisme dan Budaya Konsumen (Penerjemah Misbah Zulfa Elizabeth). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghufron, N. M., & Rini, R. S. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakim, T. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, Jakarta, Puspa Swara.

Hidayati. (2001). Pendidikan Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hurlock, E. B. (1999). Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi 5. Surabaya: Gelora Aksara Pratama Erlangga.

Iswidharmajaya., & Agung. (2004). Suatu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta PT. Elex Media Komputindo.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Prehalindo.

Lautser, P. (2006). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Lie, A. (2003). 101 Cara menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta: Elek Media Kumpulan Do Gramedia.

Lina., & Rosyid. (1997). Perilaku Konsumtif berdasarkan Locus of Control pada Remaja Putri. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. Vol 4 (11), Pp. 5-13.

Luxori, Y. (2005). Percaya Diri, Jakarta: Khalifa.

Martini. (2015). Metode Ceramah dan Diskusi, Problem Solving Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap Dan Prilaku Seks Pranikah. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, Vol. 11, No. 1, Juni 2015: 26-35.

Maukar, D. C. (2013). Hubungan Konformitas Remaja dan Identitas Sosial dengan Brand Loyalty pada Merek Starbucks Coffee. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2 (2).

Monks, F. J. (2004). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya – Cet. 14. Yogyakarta: Gajah mada University Press.

Polpoke, M. (2004). Pengaruh MLM (Multi Level Marketing) HD (High Disert) terhadap kepercayaan diri mahasiswa selaku distributor HD. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Malang.

Prasetijo, R., & John, I. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Santrock, J. W. (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Spencer, L., & Signe M. S. (1993). Competence at Work, Models For Superior Perfomance Canada: John Wiley & Sons Inc.

Taylor, et al. (2009). Psikologi Sosial Edisi 12. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Teunissen, H. A., Spijkerman, R., Prinstein, M. J., Cohen, G. L., Engels, R. C. M.

E., & Scholte, R. H. J. (2012). Adolescents’ Conformity to Their Peers’ Pro-Alcohol and Anti Alcohol Norms: The Power of Popularity. Alcohol Clin Exp Res. Vol. 36 (7), Pp. 1257–1267.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id