Ekspresi Cinta Pada Gay

Rony Rony

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang ekspresi cinta kaum gay di kota Samarinda. Subjek penelitian adalah empat orang gay yang tinggal di kota Samarinda yang memiliki pasangan sesama jenis. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi yang didasarkan pada pengalaman subjektif atau pengalaman fenomenologis. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang subjek adalah seorang gay, hubungan subjek dengan pasangan sebelumnya, peran mereka sebagai gay untuk mempengaruhi mereka dalam mengungkapkan rasa cinta. Sama seperti pasangan heteroseksual lainnya, para gay mengungkapkan cinta mereka dengan kata-kata penegasan, waktu yang berkualitas, hadiah, tindakan pelayanan, dan sentuhan fisik. Namun yang terpenting adalah sentuhan fisik. Selain itu, meskipun loyalitas merupakan hal terpenting dalam sebuah hubungan, namun tidak semua kaum gay mampu berkomitmen untuk tetap setia.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan Transpersonal Sebagai Tindakan Preventif “Domino Effect” Dari Gejala Fomo (Fear Of Missing Out) Pada Remaja Milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.

Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-9.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Barnecka, J., Karp, K., & Lollike, M. (2005). Homosexuality. Roskilde: Roskilde University.

Boellstorff, T. (2005). The Gay Archipelago: Seksualitas Dan Bangsa di Indonesia. Princeton & Oxford: Princeton University Press

Carroll, J. L. (2005). Sexuality No: Embracing Diversity. Wadsworth: Thomson Learning

Chapman, G. (2004). The Five Love Languages. Chicago: Northfield Publishing

Fandina, F. (2012). Tipe Percintaan Gay. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Griffith., Kristin., Hebl., & Michelle. (2002). The Disclosure Dilemma for Gay Men and Lesbians: "Coming Out" at Work. Journal of Applied Psychology. Vol. 87. No 6. 1191-1199. Rice University

Hasyim, M. (2002). Dialog Antara Tasawuf Dan Psikologi (Telaah Atas Pemikiran Psikologi Humanistik Abraham Maslow). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kalat, J. W. (2009). Biological Psychology Tenth Edition. Wadsworth: Cengage Learning

KPA. (2015). Laporan Hasil Line Servey: Perilaku LSL. Samarinda: KPA.

Oetomo, D. (2001). Memberi Suara Pada Yang Bisu. Yogyakarta: Galang Press

Saragih, J. I., & Irmawati. (2005). Fenomena Jatuh Cinta Pada Mahasiswi. Psikologia. Vol 1, No 1 48-55. Medan: Universitas Sumatra Utara

Tan, P. (2005). Mengenal Perbedaan Orientasi Remaja Putri. Surabaya: Suara Ernest

Wedanthi, P. H., & Fridari. D. I. G. A. (2014). Dinamika Kesetiaan Pada Kaum Gay Jurnal Psikologi Udayana. Vol. 1, No. 2. 363-371. Bandung: Universitas Udayana




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id