Pengaruh Hardiness Dan Efikasi Diri Terhadap Regulasi Diri

Amalia Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hardiness dan efikasi diri terhadap regulasi diri pada penari tradisional di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 62 penari tradisional yang masih bersekolah di Samarinda. Penari tersebut dipilih dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala hardiness, efikasi diri, dan regulasi diri. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh positif dan signifikan hardiness terhadap regulasi diri penari tradisional dengan koefisien (β) = 0.270, serta nilai t hitung > t tabel  (2.500 > 2.001) dan nilai p = 0.015 (p < 0.05); (2) ada pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap regulasi diri penari tradisional dengan koefisien (β) = 0.533, serta nilai t hitung > t tabel (4.936  > 2.001) dan nilai p = 0.000 ( p < 0.05 ); (3) ada pengaruh positif dan signifikan hardiness dan efikasi diri terhadap regulasi diri pada penari tradisional dengan nilai f hitung > f  tabel ( 31.146 > 3.15 dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Kontribusi pengaruh (R2) hardiness dan efikasi diri terhadap regulasi diri adalah sebesar 0.514.

Full Text:

PDF

References


Akinsola, M. K., Tella, A., & Adeyinka, T. (2007). Correlates of Academic Procrastination and Mathematics Achievement of University Undergraduate Students. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (4), 363-370.

Amir, H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan, 10 (4), 336-342.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, A. (1986). Social Foundation Thought and Action a Social Cognitive and Theory. New Jersey: Prentice Hall.

Debora, J.S. (2016). Hubungan Orientasi Masa Depan Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Fauziah, H.H. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2 (2), 123-132.

Firdaus. K. (2008). Manajemen Waktu Kuliah dan Organisasi. (on-line). Tanggal Akses: 10 Februari 2017.

Forum Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. (2007). Diantara Pilihan Akademik dan Organisasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghufron, M. N., & Rini R. S. (2017). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Gustina, A. (2009). Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Yang Bekerja. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hardiyanti, A. (2016). Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Anggota MUEC UMS. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Heru, B. (2007). Konflik Peran Mahasiswa Aktif di Organisasi Kampus. (on-line).

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Juriana. (2000). Kesesuaian antara Konsep Diri Nyata dan Ideal dengan Kemampuan Manajemen Diri pada Mahasiswa Pelaku Organisasi. Jurnal Psikologika, 5 (9), 39-56.

Knaus, E. (1992). Procrastionation. New York: Institute for Rational-Emotive Thrapy. (on-line). Tanggal Akses: 9 November 2013.

Larson, C. C. (1991). The Effects of a Cognitive-Behavioral Education Program on a Academic Procrastination. (on-line).

Launa. (2000). Gerakan intelektual dan aksi massa mahasiswa: Refleksi dan prospeksi peran politik mahasiswa era orde baru. Jurnal Widya, 183, 49 57.

Leny., & Tommy, Y. S. S. (2006). Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal. Jurnal Phronesis, 8 (1), 71-99. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Nugroho, A. J., Machmuroch., & Nugraha, A. K. (2015). Hubungan Antara Pesimisme Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 3 (4), 264-274.

Nurmi, J. E. (1989). Adolescent’s Orientation to the Future: Development of Interest and Plans, and Related Atributions and Effect in the Life-Span Context. Helsinki: The Finish Society of Science and Letters Press.

Nurmi, J. E. (1989). Planning, Motivation, and Evaluation In Orientation To The Future: A Latent Structure Analysis. Scandinavian Journal Of Psychology, 30, 64-71.

Prijosaksono, A. (2002). Self-Management Series: Control Your Life. Jakarta: Gramedia.

Rema R. S. (2007). Perbedaan Self-Regulation Pada Mahasiswa yang Bekerja dan Mahasiswa yang Tidak Bekerja. (on-line).

Rizvi, A., Prawitasari, J. E., & Soetjipto, H. P. (1997). Pusat Kendali Efikasi Diri sebagai Prediktor Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologika, 3 (2), 51-66. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Shurna, A. (2014). Perbandingan Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Psikologi, 1 (2), 1-8.

Solimun. (2006). Analisis Multivariate Pemodelan Struktural. Malang: Penerbit CV Citra.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive Behavior Correlation. Journal of Counseling Psychology, 31 (4), 304-501.

Suhartini, H. (1992). Pengaruh Metode Pengelolaan Diri Sendiri Terhadap Prestasi Kerja Praktek Harian. Jurnal Psikologi, 1 (19), 27-29.

Triana, K. A. (2013). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan Dengan Prokrastinasi Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poilitik (FISIPOL) Universitas Mulawarman Samarinda. eJournal Psikologi, 1 (3), 280-291. Samarinda: Universitas Mulawarman.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id