Hubungan Antara Konformitas dan Harga Diri Dengan Perilaku Berbelanja Online Pada Mahasiswi

Ika Sri Rahmudi Nurasaitma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesesuaian dan harga diri dengan perilaku belanja online pada studi di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Mulawarman. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah total subjek adalah 96 orang dengan menggunakan stratified purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Data penelitian diperoleh menggunakan skala likert dari konformitas, harga diri, dan perilaku belanja online. Data dianalisis dengan model regresi penuh dan bertahap dengan bantuan dari paket Statistik Program untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk windows. Hasil analisis pertama menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kesesuaian dengan perilaku belanja online, nilainya adalah Nilai TV> Tabel (Nilai TV = 3,978> Ttabel = 1,986) dan p = 0,000 <0,050. Hasil analisis kedua menunjukkan ada hubungan negatif korelasi antara harga diri dengan perilaku belanja online, nilainya adalah Nilai TV> Ttabel (Nilai TV = -2,463> t tabel 1,986) dan p = 0,016 <0,050. Hasil analisis ketiga menunjukkan ada korelasi antara kesesuaian dan harga diri dengan perilaku belanja online, nilainya adalah Fvalue> Ftable (Fvalue = 73,161> Ftable = 3,09), Adjusted R square = 0,603, dan p = 0,000 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan Transpersonal Sebagai Tindakan Preventif “Domino Effect” Dari Gejala Fomo (Fear Of Missing Out) Pada Remaja Milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Anisa, Q. T. (2015). Perilaku Konsumtif Melalui Online Shopping Fashion Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadyah Surakarta. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadyah Surakarta

Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2011). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baron, R. A., dan Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial Jilid 2 Edisi ke sepuluh. Jakarta: Erlangga.

Chaplin, J. P (2006). Kamus Lengkap Psikologi. (Penerj. Kartini Kartono). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chung, K. H., & Shin, J. L. (2010). The antecedents and consequents of relationship quality in internet shopping. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. 22 (4). 473-91.

Fenny, I. C. (2014). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ekonomi dalam Berbelanja Online. Phronesis. Malang: Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang.

Hardiawan, A. C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP.

Harsini, A. (2008). Self Esteem Pada Remaja. Psikovidya Vol. 12, no 2, 114, 112118.

Hawkins.et al. (2001). Consumer Behaviour: Building Market Strategy, 8th Edition. Boston: Irwin/Mc Graw Hill.

Hidayati dkk. (2008). Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hudaniah,. & Dayakisni, T. (2006). Psikologi Sosial. Malang: UMM.

Kartono, K., & Gulo, D. (2000). Kamus Psikologi. Bandung: CV Pionir Jaya.

Koentojoro, N. (2005). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Krisantiyana. (2013). Hubungan Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri Dalam Berbelanja Online Produk Fashion. Naskah Publikasi. Jakarta: Universitas Binus.

Luthfiana, R. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan, Promosi dan Hedonic Shopping Motives Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dalam Pembelian Online. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP.

Loekamto, A. (2012). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Online Shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen Vol 1 No 3.

Nugroho, D. R. (2010). Faktor-faktor yang Mendukung Self Esteem pada Mahasiswi yang Menjabat Ketua Umum Lembaga Kemahasiswaan. Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Phronesis. Salatiga: Fpsi Universitas Kristen Satya Wacana.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Sears, D. O. (2004). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial Edisi XII. Jakarta: Kencana.

Triton, P. B. (2006). Mengenal E-Commerce dan Bisnis di Dunia Cyber. Yogyakarta.

Zebua, A. S & Nurdjayadi, R. D. (2001). Hubungan antara Konformitas dan Konsep Diri dengan Perilkau Konsumtif pada Remaja Putri. Jurnal Phronesis, Vol.3, No.6 Hal 72-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id