Hubungan Antara Konsep Diri dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif

Dewinta Ayu Nastiti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik ada atau tidaknya hubungan antara konsep diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berjenis uji kolerasi Kendall-Tau. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Likert. Subjek penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 1 Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 53 orang peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji kolerasi Kendall-Tau dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang negatif dan cukup signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif dan ada hubungan yang positif dan cukup signifikan antara konformitas dan perilaku konsumtif pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda. Kemudian hasil uji hipotesis pada variabel konsep diri terhadap perilaku konsumtif didapatkan hasil r = -0.435 dan p = 0.000. Hasil uji hipotesis pada variabel konformitas terhadap perilaku konsumtif didapatkan hasil r = 0.472 dan p = 0.000.

Full Text:

PDF

References


Baron, R. A., &Bryne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2. Alih bahasa: Djuwita, R. dkk). Jakarta: Erlangga.

Chaplin, J. P. (2004). Kamus Lengkap Psikologi. Alih bahasa: Kartini, K). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ermawati, E., & Indriyati, E. P. (2011). Hubungan Pembentukan Identitas Diri dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Konsumtif. Jurnal Spirits. Vol. 2, No. 1.

Faisal. (2007). Tekanan Pengaruh Sosial dalam Menjelaskan Hubungan Moral Reasoning terhadap Keputusan. Jurnal Keperawatan. Semarang: Universitsas Diponegoro. Vol. 4, No. 7.

Hariyono, P. (2015). Hubungan Gaya Hidup dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. eJournal Psikologi. Vol. 3, No. 2.

Hurlock, E. B. (2001). Psikologi Perkembangan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Pratiknyo, J. 2008. Perilaku Konsumtif terhadap Kosmetik Wajah pada Mahasiswa ditinjau dari Konsep Diri dan Konformitas. Skripsi. Tidak diterbitkan. Semarang: Universtias Katolik Segijapranata.

Rakhmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Pusda Karya.

Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan. Bandung: Alfabeta.

Suyasa, P., & Fransisca. (2005). Perbandingan Perilaku Konsumtif Berdasarkan Metode Pembayaran. Phronesis, Vol.7, No. 2.

Swastha, B. dan Handoko, T. H. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.

Wahidin, D. (2014). Pola Konsumtif Remaja di Mal Sebagai Bentuk Refleksi Gaya Hidup. Dalam http://www.siperubahan.com/read/626/Pola-KonsumtifRemaja-di-Mal-Sebagai-Bentuk-Refleksi-Gaya-Hidup. Di akses pada tanggal 23 Oktober 2016. (Artikel Online)

Zebua, A. S., & Nurdjayadi, R. D. (2001). Hubungan antara Konformitas dan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan: Phronesis. Vol. 3, No. 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id