Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan Loyalitas Merek Pengguna Smartphone Samsung

Dwi Prayoga Prayoga

Abstract


Loyalitas merek pada diri seseorang pada dasarnya dimulai dari rasa puas akan merek yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas merek pengguna smartphone Samsung pada Komunitas SFS Kaltim Online Shop Kota Samarinda. Subjek penelitian ini adalah Anggota Komunitas Pedagang SFS Kaltim Online Shop Kota Samarinda dengan jumlah sampel 83 anggota. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala loyalitas merek dan skala kepuasan konsumen. Kedua skala tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan dengan menggunakan teknik analis data uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pada anggota Komunitas Pedagang Online Shop SFS Kaltim di Kota Samarinda.

Full Text:

PDF

References


Aaker, A. D. (2008). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Arnould, P. Z. (2005). Consumers. Second Edition. McGraw-Hill/ Irwin

Assael. (2002). Consumer Behavior. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Cuccia, Nanette. 2001. Mutual fund branding and the total costumer exprience.

Darmawan, D. Chandratuna, M. (2007). Teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Arum Mandiri Press.

Durianto, D. S., & Budiman, L. J. (2004). Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Engel, Blackwell, & Miniard. (2007). Perilaku Konsumen. Jilid 1. Terjemahan FX Budiyanto. Binarupa Aksara.

Ferrinadewi, E. (2010). Merek & Psikologi Konsumen. Jakarta: CV. Graha Ilmu

Fatimah, D. S. (2011). Pengaruh Kualitas produk, Harga dan Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. FPIPS, UPI Bandung: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Giddens, N. & Hofmann, A. (2002). Brand Loyalty. Wholefarm.

Giese, J. L., & J. A. Cote. (2000). “Defining Consumer Satisfaction”. Academy of Marketing Science Review,

Gommans, Marcell, Khrisnan, Khris S. & Scheffold Katrin B. (2001). From Brand Loyalty to E-Loyalty: a Conceptual Framework. Journal of Economic and Social Research.

Gounaris, S., & Stathakopoulos, V. (2004). Antecedent and Consequences of Brand Loyalty: An Empirical Study. Journal of Brand Management. Vol:11, No:4, Hal:283-307.

Hadi, S. (2000). Panduan Manual Seri Program Statistik (SPS 2000). Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Halstead, D., Hartman, D., & Sandra, L. S. (1994). Multisource Effects on the Satisfaction Formation Process. Journal of The Academy of Marketing Science.Vol:1, No:22, Hal:114-129.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kumar, S. R. (2002). Brand Loyalty as a Strategy.

Mittal, B., & Walfreid, M. L. (1998). Why do Costumer Switch? The Dynamics of Satisfaction Versus Loyalty. The Journal of Service Marketing. Vol:12 No:3, Hal:177-19

Mowen, J. C., & Michael, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Prasetyo, B., & Jannah, M. L. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Purwadi, B. (2000). Riset Pemasaran. PT Grasindo

Ribhan. (2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen loyal. Vol:3, No:1.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Consumer Behaviour 7th Edition. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharsono, L. (2006). Teknologi Komunikasi. Yogyakarta: CAPS.

Sumawarman. U. (2004). Prilaku Konsumen: Teori dan Penerapan dalam Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suryabrata, S. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen; Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wilkie, William L. (1994). Consumer Behaviour (3th edition). New York: Wiley & Sons, Incs

Winkel. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id