Pengaruh Konformitas dan Motivasi Belajar Terhadap Perilaku Membolos untuk Bermain Game Online

Panji Januardi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konformitas dan motivasi belajar terhadap perilaku membolos bermain game online pada siswa di Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi model akhir untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prediksi variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang membolos di Samarinda. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel rancangan Consecutive Sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda, hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian dan motivasi belajar terhadap perilaku membolos berpengaruh sangat signifikan dengan F = 119,599 (F Hitung> F Tabel), R2 = 0,711, dan p = 0,000 (p <0,050). Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan antara konformitas dengan perilaku membolos dengan beta = 0,203, t = 2,330 dan p = 0,022, pada pembelajaran dengan perilaku membolos memiliki pengaruh yang sangat signifikan dengan beta = 0,675, t = 7,738, dan p = 0,000.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Adriansyah, M. A., Sultan, M., Sofia, L., & Oktavianti, B. (2014). Efektivitas Model Intervensi Penanggulangan Kebakaran Di Kota Samarinda. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(2), 72-88.

Adriansyah, M. A., Fahlevi, M. A., Dyah, R., & Hasthina, A. (2015). Sikap Pemilih Pemula Terhadap Calon Kepala Daerah Ditinjau Dari Karakteristik Sosial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(1), 17-45.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Anwar, C. (2006). Chairil Anwar Pelopor Angkatan 45. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Baron, R. A., & Byrne, D. E. (2005). Social Psychology (11th ed). USA: Pearson.

Brophy, J. (2004). Motivating Student to Learn (2nded). London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Damayanti, F. (2013). Studi Tentang Perilaku Membolos Pada Siswa SMA Swasta di Surabaya. Jurnal BK UNESA Volume 03 Nomor 1, 454-461.

Hendra, P. F. (2009). Hubungan Perilaku Membolos Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah Salatiga. Skripsi Psikologi. Universitas Kristen Satya Wacana.

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan: Istiwidayati Tjandrasa). Jakarta: Erlangga.

Kartono, K . (2003). Pathologi Sosial Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers

Kartono, K. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo.

Kearney, C. A. (2001). School Refusal Behavior In Youth A Functional Approach To Assessment And Treatment. Washington, DC: American Psychological Association.

Klopf, D. W. (2005). Interacting in Groups: Theory and Practice, Fourth Edition. Colorado: Morton Publishing Company.

Kristiyani, T. (2009). Peran Sekolah Atasi Perilaku Membolos pada Remaja. Makalah Staf Pengajar Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Mogulescu, S., & Segal, H. J. (2002). Approaches to truancy prevention. Vera Institute of Justice, 1-14.

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi & Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Ridlowi, A. (2009). Mengatasi Siswa Pembolos Melalui Bimbingan Konseling. http://aridlowi.blogspot.com/.

Salmivalli, C. (2010). Bullying and The Peer Group. Aggression and Violent Behaviour vol 15, halaman 112-120.

Santoso, S. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman, (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Supriyo. (2008). Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang: Nieuw Setapak.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id