Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi

Putri Mistia Silva

Abstract


Keputusan untuk membeli barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan awal pandangan individu pada saat memperoleh informasi dan dorongan yang ada pada individu dalam menentukan keputusan untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian polis asuransi pada Klien Asuransi Prudential di Kota Samarinda. Subjek penelitian ini adalah Klien Asuransi Prudential di Kota Samarinda dengan jumlah sampel 100 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala keputusan pembelian, skala persepsi konsumen, dan skala motivasi konsumen. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian polis asuransi yaitu dengan nilai F = 32,525, R2 = 0401, dan p =0,000. Pada persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian polis asuransi yaitu dengan nilai beta = 0,562, t = 6,987, dan p = 0,000. Pada motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian polis asuransi yaitu dengan nilai beta = 0,195, t = 2,428, dan p = 0,017.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2007). Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Azwar, S. (2016). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaudhary, S. (2016). Consumer Perception Regarding Life Insurance Policies: A Factor Analytical Approach. Pacific Business Review International, 9(6), 52-61.

Durmaz, Y., & Diyarbakırlıoğlu, I. (2011). A Theoritical Approach to the Strength of Motivation in Customer Behavior. Global Journal of Human Social Science, 11(10), 36-42.

Blackwell, R. D., Miniard, P. W., & Engel, J. F. (2001). Consumer behavior. Mason, Ohio: South-Western Thomson Learning.

Fadila, D., & Ridho, S. L. Z. (2013). Perilaku konsumen. Palembang: Penerbit Citrabooks Indonesia.

Hadi, S. (2000). Panduan manual seri program statistik (SPSS 2000). Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hasan, I. (2010). Analisis data penelitian dengan statistik, cet. V. Jakarta: Bumi Aksara.

Huriartanto, A., Hamid, D., & Shanti, P. (2015). Pengaruh motivasi dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian tiket pesawat (survei pada konsumen terminal tiket Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1), 158-166.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Mantik, A. F., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Motivasi dan persepsi konsumen pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di Kfc Megamall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).

Maslow, A. (2002). Motivation and personality. Jakarta: Harper and Raw Publisher.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2006). Perilaku organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Santoso, S. (2015). Menguasai statistik parametrik konsep dan aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer behavior. New Jersey: Pearson Pretice.

Subekti, R., & Tjitrosudibio, R. (2010). Kitab Undang-undang hukum dagang. Cetakan IV. Bandung: Citra Umbara.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Swasta, B. (2008). Manajemen pemasaran analisis perilaku konsumen.Yogyakarta: Liberty.

Wirawan. (2015). Manajemen sumber daya manusia: teori, psikologi, hukum ketenagakerjaan, aplikasi dan penelitian: aplikasi dalam organisasi bisnis, pemerintahan dan pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id