Pengaruh Penjualan Langsung dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen

Putri Norrohmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan langsung dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen terhadap produk moorlife di Samarinda. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, variabel dependen adalah kepuasan konsumen dan variabel independen adalah penjualan langsung dan kualitas produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kepuasan konsumen, skala penjualan langsung dan skala kualitas produk. Sampel dalam hal ini adalah seseorang termasuk produk anggota moorlife di Samarinda sebanyak 88 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji regresi penuh, analisis uji regresi berganda, analisis uji regresi multivariat, analisis uji regresi parsial, analisis uji regresi bertahap, dan analisis uji regresi akhir. Hasil penelitian ini menggunakan model analisis regresi yang secara bertahap menunjukkan pengaruh dan signifikan antara penjualan langsung dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen terhadap produk moorlife di Samarinda dengan 67,9 persen. Hasil pengujian model analisis regresi secara bertahap menunjukkan pengaruh positif antara direct penjualan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Beta = 0,478, t hitung = 5,253, t tabel = 1,990 dan p = 0,000 <0,050. maka dalam kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menunjukkan pengaruh positif dengan nilai Beta = 0,409, t hitung = 4,488, t tabel = 1,990 dan p = 0,000 <0,050. Hasil uji regresi analisis akhir menunjukkan pengaruh antara aspek negosiasi, hubungan aspek pemasaran, dan aspek peningkatan kualitas terhadap atribut yang berkaitan dengan aspek pembelian dengan nilai 61,5 persen.

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2011). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Penerbit Alfabeta.

Azwar, S. (2014). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Canon, J.P, Perreault, WD & Mc Carthy, E.J (2008). Pemasaran dasar. buku 1 edisi 16. jakarta: Salemba Empat.

Febryan, F. (2010). The power of selling. Elex Media Komputindo.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ika, H. (2012). Pengaruh Kepuasan Terhadap Kesetiaan dan Business Builders Wiraniaga Multilevel Marketing Oriflame Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 102-112.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 1, Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Purnamasari, I. Y., Suwena, K. R., & Haris, I. A. (2016). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen produk m2 fashion online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-22.

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: kencana.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2009). Manajemen jasa. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Widharta, W. P. (2013). Penyusunan strategi dan sistem penjualan dalam rangka meningkatkan penjualan Toko Damai. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-15.

Yulianto, A. (2010). Meningkatkah kualitas pelayanan jasa penerbangan indonesia paska insiden kecelakaan pesawat terbang. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id