Hubungan Daya Juang Dengan Kecemasan Menghadapi Pemutusan Hubungan Kerja

Jeki Ferdinan Hutabarat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara adversity quotient dengan kecemasan terhadap pemutusan hubungan kerja. Subjek penelitian ini adalah karyawan di Kabupaten Berau untuk 100 karyawan. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala kecemasan menghadapi pemutusan hubungan kerja dan skala adversity quotient. Kedua skala disusun oleh penskalaan model Likert dan analisis statistik menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara adversity qotient dengan kecemasan terhadap pemutusan hubungan kerja adalah nilai koefisien product moment pearson sebesar 0,421 dengan signifikansi 0,000.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Sultan, M., Sofia, L., & Oktavianti, B. (2014). Efektivitas Model Intervensi Penanggulangan Kebakaran Di Kota Samarinda. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(2), 72-88.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Adriansyah, M. A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan Transpersonal Sebagai Tindakan Preventif “Domino Effect” Dari Gejala Fomo (Fear Of Missing Out) Pada Remaja Milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Maramis, W. F. (1986). Catatan ilmu kedokteran jiwa. Airlangga University Press.

Mangkunegara, A. A. P. (2005). Evaluasi kinerja SDM. Tiga Serangkai.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Ramaiah, S. (2003). Kecemasan, bagaimana mengatasi penyebabnya. Yayasan Obor Indonesia.

Sapuri, R. (2009). Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern. Rajawali Pers.

Stoltz. Paul. G. (2004). adversity quotient mengubah hambatan menjadi peluang. Gramedia: Jakarta.

Sundari, S. (2004). kearah memahami kesehatan mental. Yogyakarta: PPB FIP UN




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id