Keterlibatan Orang Tua Dan Tumbuh Kembang Siswa-Siswi Kelompok Bermain

Reghina Amelia Hanim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran keterlibatan orang tua dan perkembangan siswa dalam Kelompok Bermain “Anggrek Putih” Samarinda yang berstatus sosial ekonomi rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi tentang lima orang ibu siswa. Subjek pertama MO, bentuk keterlibatannya adalah dukungan moral daripada materi untuk pendidikan putrinya, jadi ini mempengaruhi perkembangan anaknya dalam mengenali situasi dan kondisi di lingkungan sekitarnya. Subjek kedua MU, bentuk keterlibatan adalah untuk mendukung favorit anak dalam memanah, sehingga anak dapat mengembangkan kegiatan favoritnya terkait dengan perkembangan motorik dan kognitif. Subjek ketiga SA, bentuk keterlibatannya adalah dukungan emosional dengan menunggu kesadaran diri anak, sehingga hal ini membuat perkembangan kognitif dan bahasa subjek anak menjadi terlambat. Subjek keempat YA, bentuk keterlibatannya adalah untuk mendukung favorit anak dalam mewarnai dan berkomunikasi secara aktif dengan anak, sehingga anak subjek dapat berkembang secara optimal dan memiliki motivasi berprestasi tinggi di sekolah. Subjek kelima AN, bentuk keterlibatannya adalah mendukung anak dengan memenuhi semua keinginan putranya, sehingga hal ini membuat anak menjadi orang yang manja dan masih bergantung pada orang tua dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Adriansyah, M. A., Rama, T. A., Anggara, A., Kridani, M. S., & Afani, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self Hypnosys Untuk Meningkatkan Empati. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(1), 29-38.

Amini, M. (2015). Profil keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia Tk. Visi, 10(1).

Avianingsih, A. (2015). Studi kasus perkembangan sosial anak yang tinggal dengan orang tua mengalami hambatan kejiwaan. Basic Education, 4(2).

Azizah, N., N. (2012). Gambaran stimulasi perkembangan oleh ibu terhadap anak usia prasekolah di TKIT Cahaya Ananda Depok. Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, Depok.

Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diadha, R. (2015). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak. Edusentris, 2(1), 61-71.

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Erny & Suharsono, D. (2006). Upaya untuk Meningkatkan Perkembangan Otak Anak. Artikel Pediatrik. Diakses dari www.pediatrik.com/pkb/20060220- rle3yn-pkb.pdf. (04/01/2006. 21.59).

Fitriyani, Y. (2016). Pengaruh Dukungan Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Prodi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

Gandasetiawan, R. Z. (2009). Mengoptimalkan IQ & EQ anak melalui metode sensomotorik. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Geofanny, R. (2016). Perbedaan kemandirian anak usia dini ditinjau dari ibu bekerja dan ibu tidak bekerja (di Kecamatan Samarinda kota).

Halimah, N., & Kawuryan, F. (2010). Kesiapan memasuki sekolah dasar Pada anak yang mengikuti pendidikan TK dengan yang tidak mengikuti pendidikan TK di kabupaten kudus. Jurnal Psikologi UMK: PITUTUR, 1(1), 1-8.

Hidayah, F. N. (2012). Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa Di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakrta).

Hornby, G., & Lafaele, R. (2011). Barriers to parental involvement in education: an explanatory model. Educational Review Journal, 63(1).

Indrijati, H. (2016). Psikologi perkembangan dan pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenamedia Grup.

Ismail, M. F., & Waluyo, S. N. (2014). Hubungan pola asuh orang tua dengan kejadian perilaku agresif pada remaja di smp iii bawen kecamatan bandungan kabupaten semarang.

Jeynes, W. (2014). Parent involvement for urban students and youth of color. Handbook of urban education, 149-166.

KUSUMASTUTI, A. (2016). Pengaruh komunikasi dalam keluarga terhadap perkembangan emosi siswa kelas viii smp negeri 2 Tempel tahun ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Yogyakarta).

Magdalena, S. M. (2014). The effects of parental influences and school readiness of the child. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 127, 733-737.

Maharani, M. (2015). Hubungan perhatian orang tua dengan perkembangan sosial anak usia 4 – 5 tahun di desa Birit Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten.

Majzub, R. M., & Rashid, A. A. (2012). School readiness among preschool children. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 3524-3529.

Mitayani, M., Munadi, M., & Wahyuningsih, R. (2017). Penanganan siswa underachiever di sd muhammadiyah program unggulan gedongan Colomadu Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 (doctoral dissertation, iain surakarta).

Morrison, G. S. (2016). Pendidikan anak usia dini saat ini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Na’imah, T. (2013). Family Well Being dan Aplikasi dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak (Kajian Berdasarkan The Tower Hamlets Family Wellbeing Model).

Ningsih, A. S. (2015). identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main di Kelompok B. Pendidikan Guru PAUD S-1.

Nopianti, Purwaningsih, E., & Syahrudin, H. (2013). Pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi di sma.

Numesa. (2013). Kaltim Bertekad Wujudkan Satu PAUD Satu Desa. Artikel Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur. Diakses dari http://disdik.kaltimprov.go.id/read/news/2013/524/kaltim-bertekad- wujudkan-satu-paud-satu-desa.html (25/10/2016. 20.29).

Nurjannah, S. L. (2014). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak di PAUD Smart Kid dan PAUD Sahabat Ananda Kecamatan Dau. Malang: Fakultas Psikologi UIN.

Patmonodewo, S. (2000). Pendidikan anak prasekolah. Rineka Cipta bekerjasama dengan Departemen Pendidikan & Kebudayaan.

Permono, H. (2016). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013. Fakultas Psikologi, Universitas Persada Indonesia.

Putra, N., & Dwilestari, N. (2012). Penelitian kualitatif paud (pendidikan anak usia dini). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Qomariah, S. N. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Menjahit pada Siswa SMPN 2 Mojogedeng Kabupaten Karanganyar. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1(1).

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Saroni, M. (2013). Pendidikan untuk orang miskin: membuka keran keadilan dalam kesempatan berpendidikan. Ar-Ruzz Media.

Schunk, D. H. (2012). Teori-teori pembelajaran: perspektif pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sedyaningsih, E., R. (2011). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta: Direktorat Bina Gizi.

Shaari, M. F., & Ahmad, S. S. (2016). Physical learning environment: Impact on children school readiness in Malaysian preschools. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 222, 9-18.

Soetjiningsih., & Ranuh, G. (2012). Tumbuh kembang anak edisi 2. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulistyaningtyas, R. E. (2015). Hubungan kemampuan membimbing orangtua dalam belajar dengan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 anak kelompok b berdasarkan latar belakang pekerjaan orangtua. Pendidikan Guru PAUD S-1.

Sulistyaningsih, W. (2005). Kesiapan bersekolah ditinjau dari jenis pendidikan pra sekolah anak dan tingkat pendidikan orangtua. Jurnal Psikologia, 1(1).

Susanah. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Panggung Boneka pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Sumberwulan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Suyono, A. (2016). Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh fasilitas belajar. Journal of Accounting and Business Education, 1(2).

Suzanna, S., Budiastutik, I., & Marlenywati, M. (2017). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak Usia 6-59 Bulan. Jurnal Vokasi Kesehatan, 3(1), 35-41.

Taufik, I. (2013). Persepsi masyarakat terhadap pemulung di pemukiman tpa kelurahan bukit pinang kecamatan Samarinda Ulu. Jurnal Penelitian Universitas Mulawarman, 1(4), 85-95.

Tolada, T. (2012). Hubungan keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di SDIT Permata Hati, Banjarnegara. Unpublished undergraduate’s thesis) Universitas Indonesia, Depok, Indonesia.

Werdiningsih, A., T., A. (2012). Peran Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal STIKES, 5(1).

Widiyawati, W., & Widiharti. Pola Asuh Orang Tua dengan Status Gizi Anak Balita di Posyandu Desa Kletek Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Journal Infokes STIKES Insan Unggul Surabaya, 5(1).

Wijanarko, J., & Setiawati, E. (2016). Ayah ibu baik. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Yusuf, S. (2007). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zaman, S., & Libertina, A. (2012). Membuat anak rajin belajar itu gampang.Jakarta: Visi Media.

Zedan, R. F. (2011). Parent involvement according to education level, socio-economic situation, and number of family members. The Journal of Educational Enquiry, 11(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id