Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Ika Wanda Ratnasari

Abstract


Prestasi belajar merupakan suatu aksesi dari proses belajar siswa yang dituangkan dalam bentuk nilai. Dalam proses pembelajaran siswa dituntut untuk mengikuti semua mata pelajaran matematika tidak terkecuali. Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh semua siswa. Masalah yang sering terjadi adalah menurunnya prestasi belajar matematika, dan itu menjadi masalah bagi pihak sekolah. Oleh karena itu, banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi yang dicapai dalam pembelajaran bagi setiap individu. Salah satunya terkait minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran minat dengan prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 11 Samarinda dengan jumlah sampel 88 siswa. Alat ukur hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data nilai semester SMA Negeri 11 Samarinda tahun pelajaran 2016/2017, dan skala minat belajar. Pembelajaran minat dirumuskan dengan penskalaan model Likert dan analisis statistik menggunakan program komputer SPSS (Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) versi 20.0 for Windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji nonparametrik Kendall's Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika dengan nilai korelasi -0,012 dan nilai p> 0,05 (p = 0,876).

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar.

Latifah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi. Vol : 37, No : 01 (Juni) : 110-129.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Reiza. (2016). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal Psikologi. Vol : 2, No : 11, Hal : 01 – 02.

Riyanto. (2012). Pemanfaatan Internet dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X (Studi Kasus Pada Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di SMK Muda Patria Kalasan). Jurnal Skripsi Fakultas Teknik. Vol : 2, No : 11 (maret) : 127 – 129.

Sardiman. (2005). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id