Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesiapan Kerja

Evi Ratna Sari

Abstract


Kesiapan kerja pada diri siswa pada dasarnya berawal dari adanya persepsi seseorang atas dukungan yang diberikan berupa informasi, tingkah laku tertentu ataupun materi yang berasal dari orang-orang terdekatnya seperti keluarga, teman sebaya, dan juga guru untuk meraih kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dukungan social dengan kesiapan kerja pada Siswa Kelas XII di SMK Farmasi Samarinda. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XII di SMK Farmasi Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 102 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala kesiapan kerja dan skala dukungan sosial. Kedua skala tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan dengan menggunakan tehnik analis data uji korelasi Rank Spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan kesiapan kerja pada siswa SMK Farmasi Samarinda dengan hasil koefisiensi korelasi Rank Spearman sebesar 0.268 dengan signifikansi sebesar 0.006, oleh karena nilai signifikansi < 0.050 maka hipotesisnya yaitu ada hubungan antara dukungan sosial dengan kesiapan kerja siswa.

Full Text:

PDF

References


Agusta, Y. N. (2015). Hubungan antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. eJournal Psikologi. Vol:3, No:1, Hal:369-381.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Bart, S. (2004). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT Grasindo.

Chaplin, J. P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Firdaus, Z. Z. (2012). Pengaruh Unit Produksi, Prakerin dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (3), 397- 409.

Hurlock, B. E. (2007). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Isharyanti, R. (2011). Pengaruh Praktik Industri, Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Tempel. Skripsi. Pendidikan Administrasi Perkantoran FISE UNY.

King, A. L. (2010). Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Myers, D.G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Saputro, N. D., & Suseno, M. N. (2009). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Employability pada Mahasiswa. Psikohumanika. Vol:2, No:1, Hal:13-14.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. United States of America: John Willey & Sons Inc.

Taylor, S. E. (2012). Health Psychology. New York: McGraw-Hill.

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yusuf, M. (2002). Kiat Sukses dalam Karier. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Zuniarti, & Siswanto, B. T. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar, Kinerja Intensitas Pembimbingan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Pariwisata DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol:3, No:3, Hal:405-406.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id