Resiliensi Pada Orang Tua yang Memiliki Anak Down Syndrome

Maulana Azmi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang resiliensi pada orang tua yang memiliki anak down syndrome, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi resiliensi pada orang tua dengan anak down syndrome dan bagaimana gambaran ketahanan orang tua dalam kehidupan sehari-hari dengan anak down syndrome. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif berdasarkan pendekatan fenomenologi. Responden diambil berdasarkan purposive sampling yaitu pemilihan subjek dalam penelitian berdasarkan karakteristik yang memenuhi tujuan yang telah ditentukan. Metode pengumpulan data adalah metode wawancara dan observasi dengan empat subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek memiliki resiliensi yang baik terlihat dari faktor pendukung dan karakteristik resiliensi sehingga orang tua mampu menerima kondisi anak. Pada subjek pertama JN awalnya merasa tidak terima dengan keadaan anaknya yang sedang down syndrome dan kemudian melalui proses yang panjang JN bisa menerima kondisi anaknya. Subjek kedua AV merasa bingung dan takut dengan keadaan anaknya namun bantuan semangat dan dukungan keluarga dan kerabat membuat AV mampu bertahan. Subjek ketiga DR pada awalnya kecewa dengan keadaan down syndrome-nya tetapi DR merasa mampu menerima dan menghargai apa yang telah ditakdirkan oleh Tuhan. Subjek keempat HN rela menerima dan selalu mensyukuri kondisi putra dan keluarganya yang selalu memberikan dukungan dan semangat kepada anaknya dengan sebaik-baiknya.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rama, T. A., Anggara, A., Kridani, M. S., & Afani, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self Hypnosys Untuk Meningkatkan Empati. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(1), 29-38.

Al Siebert. (2005). The Resiliency Advantage: Master Change, Thrive Under Pressure, and Bounce Back from Setbacks. California: Berrett-Koehler Publishers, Inc

Ardy Wiyani, N. (2015). Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ekasari, A., & Andriyani, Z. (2013). Pengaruh Peer Group Supportdan Self Esteem Terhadap Resillience Pada Siswa SMAN Tambun Utara Bekasi. Jurnal Soul. Vol. 6 No 1. Hal 50-65

Geniofam. (2010). Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Garailmu

Gunarhadi. (2005). Penanganan Anak Sindroma Down Dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Jennifer C., & Plumb. (2011). The Impact of Social Support and Family Resilience on Parental Stres. Journal of Personality and Social Psychology

Namira, O. R., Zubair, F., Subekti, P. (2012). Komunikasi Instruksional Guru dengan Anak Down Syndrome di Sekolah Inklusi. Ejournal Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Vol 1: No 2.

Revich, K., & Chatte, A. (2002). The resilience factor: 7 essential skill for overcoming life’s inevitable abstacle. New York: Random House inc.

Rizkiana., Ulfa., & Retnaningsih. (2009). Penerimaan Diri pada Remaja Penderita Leukimia. Universitas Gunadarma Jurnal Psikologi, Volume 2, No.2.

Santrock, J. W. (2011). Adolescence. Jakarta: Erlangga.

Smart, A. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta: Kata Hati.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, H. (2014). Representasi Konsep Diri Orangtua yang Memiliki Anak Autis. Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau Pekanbaru.Vol 5: No 1,1-118.

Widuri, E. L. (2012). Regulasi emosi dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), 9(2).

Yuniardi, M. S. (2011). " Support Group Therapy" Untuk Mengembangkan Potensi Resiliensi Remaja Dari Keluarga" Single Parent" di Kota Malang. Research Report.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id