Pengaruh Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dan Regulasi Diri Terhadap Disiplin Siswa

Sigit Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan regulasi diri terhadap disiplin siswa SMP 17 Agustus 1945 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis anova untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prediksi variabel independen terhadap variabel dependen dan perbedaan mean dari variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Agustus 1945 Samarinda. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 94 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin siswa yaitu Mean Square = 180,025, F = 1,375 dan p = 0,240 (p> 0,050). Kemudian pola asuh dengan kedisiplinan siswa memiliki hubungan yang signifikan dengan Mean Square = 579,553, F = 2,957 dan p = 0,037 (p <0,050). Regulasi diri dengan kedisiplinan siswa memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan Mean Square = 2235,218, F = 9,314 dan p = 0,000 (p <0,050).

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi, Malang, UMM Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Bandura, A. (2002). Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman & Company.

Bandura, A. (2005). Guide for Constructing Self-Efficacy Scales. Information Age Publishing.

Barnawi dan Arifin, M. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan.Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Baumrind, D. (1991). The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Use. Journal of Early Adolescence, 11 (1), 56-95.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Friedman, H. S., & Schustack, M. W. (2013). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Fortuna, F. (2008). Hubungan pola asuh otoriter dengan perilaku agresif pada remaja.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunarsa, Ny. Singgih D dan Gunarsa, Singgih D. 2007. Psikologi untuk membimbing. Jakarta: Gunung Mulia.

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Anak. Edisi 6. Alih Bahasa: dr. Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Khalsa, S., & Nam, S. (2008). Pengajaran Disiplin dan Harga Diri. Jakarta: Indeks.

Bintari, Novianita. 2012. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Penanaman

Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa”. Jurnal PPKN 1(1). Semarang: IKIP

Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, & R. D. (2001). Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika

Prijodarminto, S. (1994). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Cetakan keempat. Jakarta: PT Abadi.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rubino, R. (2006). Penerapan Teori-teori Belajar. Surakarta: FKIP UMS.

Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). (Penerj. Achmad Chusairi, Juda Damanik; Ed. Herman Sinaga, Yati Sumiharti). Jakarta: Erlangga.

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (1998). Self-regulated learning: From

teaching to self-reflective practice. New York: The Guilford Press.

Sonita, S. (2013). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 (174-181).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung. Alfabeta.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sunarti, E. (2004). Mengasuh dengan Hati: Tantangan Yang menyenangkan. PT Elex Komputindo, Jakarta.

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Unaradjan, D. (2003). Manajemen Disiplin, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wahyono, T. (2014). Analisis Statistik Mudah dengan SPSS 20. Elex Media Komputindo.

Wibowo. (2012) . Manajemen Kinerja (Edisi Ke 3). Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsu, Y. (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2001). Reflections on theories of self-regulated learning and academic achievement. Self-regulated learning and academic achievement: Theoretical perspectives, 2, 289-307.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id