Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PPL) Dengan Minat Belajar Siswa

Muhammad Suwahyu

Abstract


Minat belajar adalah salah satu masalah yang sering terjadi di dunia pendidikan, terutama untuk pendidikan formal seperti sekolah, baik dari sekolah dasar hingga sekolah menengah yang artinya akan menimbulkan dampak negatif bagi prestasi belajar dan sekolah. Masalah minat belajar di sekolah menunjukkan kurangnya minat belajar selama mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kemampuan mengajar siswa PPL dengan minat belajar siswa di SMKN 17 Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel: variabel dependen yaitu minat belajar dan variabel independen yaitu persepsi siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 17 Samarinda 150 orang secara total. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis korelasi uji product moment. Berdasarkan hasil pengujian pada variabel persepsi siswa dengan minat belajar yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis statistik korelasi product moment menunjukkan bahwa hubungan antara variabel persepsi siswa terhadap minat belajar adalah p = 0,000. Ini berarti H1 yang diajukan oleh peneliti, ada hubungan positif antara kemampuan mengajar siswa PPL dengan minat belajar siswa SMK N 17 Samarinda dengan skor korelasi pearson = 0,869 dan P = 0,000 < 0,05 dengan kategori sangat kuat.

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2007). Psikologi pembelajaran. Bandung: cv wacana prima.

Azwar, S. (2007). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djafar, F. (2015). Rendahnya Prestasi Siswa di Indonesia. Kompasiana. Diperoleh dari http://www.kompasiana.com/ftma/rendahnya-prestasi- siswa-di-indonesia.564d32b84423bd9e05c61fe3.

Djamarah, S. B. (2009). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Feriady, M., & Harnanik, H. (2012). Pengaruh Persepsi Siwa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Minat Belajar IPS Kelas VIII Smp N 3 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Jejen, M. (2011). Peningkatan kompetensi guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mulyana, A., Hidayat, S., & Sholih, S. (2013). Hubungan antara persepsi, minat, dan sikap siswa dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3), 315-330.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Siagian, S. P. (2018). Teori motivasi dan aplikasinya. Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D [Quantitative and qualitative and R & D research methods]. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sutrisno, H. (2004). Analisis regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutrisno, H. (2000). Panduan Manual Program Statistik (SPS) 2000. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id