Hubungan Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Sosial Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa

Suhariska Yuliantini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial dengan kenakalan remaja pada siswa SMP PGRI 7 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 63 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala, yaitu skala kecerdasan emosi, penyesuaian sosial, dan kenakalan remaja dengan model skala likert. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi model bertahap dan model lengkap dengan bantuan Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk program Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial dengan kenakalan remaja menunjukkan hubungan, dengan nilai yang diperoleh dari uji regresi berganda Fhitung > Ftabel (710,029 > 3,14), R = 0,273, dan P < 0,05 (0,000); (2) ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan kenakalan remaja karena t hitung < t tabel dengan nilai beta = 0,150, t hitung = 5,734, t tabel = 1,998, dan nilai P < 0,05 (p = 0,000). Kemudian (3) pada penyesuaian sosial dengan kenakalan remaja menunjukkan hubungan karena t hitung > t tabel dengan nilai beta = 0,982, t hitung = 37,620, t tabel = 1,998 dan nilai P < 0,05 (p = 0,000).

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-9.

Adriansyah, M. A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan Transpersonal Sebagai Tindakan Preventif “Domino Effect” Dari Gejala Fomo (Fear Of Missing Out) Pada Remaja Milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Adriansyah, M. A., Rama, T. A., Anggara, A., Kridani, M. S., & Afani, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self Hypnosys Untuk Meningkatkan Empati. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(1), 29-38.

Gerungan, W. A. (2004). Psikologi Sosial, PT. Refika Aditama, IKAPI, Bandung.

Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. D. (2009). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Goleman, D. (2000). Emotional intelligence (terjemahan). Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hawari, D. (2001). Manajemen stress, cemas dan depresi. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Haqani, L. (2004). Karena Kamu Sudah Dewasa.

Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Sijabat, R. M., & Soedjarwo. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga, Jakarta.

Kaltim Prokal. (2016). http://kaltim.prokal.co/read/news/273486-kelakuan-geng-remaja-di-samarinda- makin-mengkhawatirkan.html.

Koran Kaltim. (2016). http://www.korankaltim.com/pengamat-samarinda-darurat-kenakalan-remaja.

Mubayidh, M. (2006). Kecerdasan dan kesehatan emosional anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Prastuti, A. P., & Taufik, T. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Problem Focus Coping Dengan Perilaku Delinkuen Pada Siswa Smp. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(1), 15-23.

Pujasari, Y. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(1).

Rauf, A. (2008). Dampak Pergaulan Bebas Remaja. PT. Gemilang. Jakarta.

Rini, I. K., Hardjajani, T., & Nugroho, A. A. (2012). Kenakalan Remaja ditinjau dari Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Diri pada Siswa SMAN Se-Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(3).

Sari, A., Hubeis, A. V. S., Mangkuprawira, S., & Saleh, A. (2010). Pengaruh pola komunikasi keluarga dalam fungsi sosialisasi keluarga terhadap perkembangan anak. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 8(2).

Sarwono, S. W. (2011). Psikologi Remaja edisi revisi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Schneider, A. A. (2014). Personal adjustment and mental health. New York: Holtt. Renehart and Winston Inc.

Setianingsih, E., Uyun, Z., & Yuwono, S. (2006). Hubungan Antara Penyesuaian Sosil dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Dengan Kecenderungan Perilaku Delinkuen Pada Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1).

Tambunan, T. (2015). Pembangunan industri nasional sejak era orde baru hingga pasca krisis, Jakarta: Trisakti Press.

Yusuf, S. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Bandung: Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id