Hubungan Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Siswa-Siswi

Muhammad Sandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan minat belajar pada siswa di Sekolah Menengah Kejuruan YPK Tenggarong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 75 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala efikasi diri dan minat belajar dengan model skala Likert. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri dengan minat belajar menunjukkan hubungan yang sangat signifikan, dengan nilai yang diperoleh dari hasil uji korelasi product moment r = 0,571, dan nilai p < 0,05 (0,000). Kontribusi efektif disumbang oleh variabel efikasi diri sebesar 57,1 persen.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Alwisol, M. (2009). Psikologi Kepribadian, edisi revisi.

Ayuningtyas. (2005). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Bandura, A. (1991). Self Efficacy Mechanism in Psychological and Health-Promoting Behavior.

Barling, J., Kelloway, E. K., & Frone, M. R. (Eds.). (2004). Handbook of work stress. Sage publications.

Depdiknas. (2011). Manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Desmita, (2005). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Effendi & Praja. (1993). Pengantar psikologi. Bandung: Aksara.

Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika, 31.

Ghufron. (2010). Teori-teori perkembangan. Bandung: Refika Aditama.

Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Sijabat, R. M., & Soedjarwo. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga, Jakarta.

Kusasi, M. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri, dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kaltim. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 102-117.

Pajares, F. (2002). Overview of social cognitive theory and of self-efficacy.

Pudjijogyanti, C. R. (1991). Konsep diri dalam pendidikan. Arcan.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rahman, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dan Efikasi Diri Terhadap Kemenarikan Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Malang. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Riaz, Z., Yasien, S., & Khanam, S. J. (2011). Translation and Adaptation of Perceived Social Self Efficacy Scale (PSSE). Pakistan Journal of Psychology, 42(2).

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana, 46-55.

Syah, M. (2013). UU RI No. 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taufiq, M. (2017). Pengaruh Pengetahuan Awal Akuntansi Dan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Melalui Minat Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pgri Adi Buana Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(2), 181-196.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id