Hubungan Kelelahan Terhadap Kinerja Supir Dump Truck

Bima Sakti Arimopas Dwi Setiawan

Abstract


Performane adalah salah satu masalah yang sering terjadi di perusahaan, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil yang akan menimbulkan dampak negatif bagi karyawan dan perusahaan. Masalah kinerja dalam perusahaan menunjukkan penurunan produktivitas yang harus dicapai berdasarkan standar perusahaan. Beberapa aspek terkait kinerja salah satunya terkait burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan burnout terhadap kinerja sopir truk sampah PT Raya Bumi Mandir Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel dependen kinerja dan variabel independennya adalah burnout. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah sopir dump truck PT Raya Bumi Mandiri dengan 74 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji variabel burnout dengan kinerja yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis statistik korelasi product moment menunjukkan bahwa besarnya hubungan antara variabel burnout terhadap kinerja adalah p = 0,001. Ini berarti bahwa H1 yang diajukan oleh peneliti, bahwa ada hubungan burnout dengan kinerja pengemudi dump truck PT Raya Bumi Mandiri di Samarinda terbukti karena nilai p <0,05.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Sultan, M., Sofia, L., & Oktavianti, B. (2014). Efektivitas Model Intervensi Penanggulangan Kebakaran Di Kota Samarinda. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(2), 72-88.

Bangun., & Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Erlangga. Bandung.

Bayu, A. W., & Edy, R (2015). Pengaruh Kelelahan Kerja dan Konflik Peran Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Stress Kerja Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Vol.4, No 1, 1-11

Chuzaimah. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Furniture, Jurnal Mumhammadiyah Surakarta, Vol 2, No 3, 35-54.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Hidayat, A. (2007). Riset Keperawatan dan tehnik penulisan ilmiah. Jakarta: Salemba medika

Indonesia Investment. (2016),. Indonesian Government Benchmark Thermal Coal Price (HBA), Artikel, diakses dari http://IndonesiaInvestment.com, pada tanggal 8 September 2016

Jannah, L. M., & Prasetyo, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Maslach, C., & Leiter, M. P (2008). Early Predictors of Job Burnout and Engagement. Journal Applied Psychology, Vol 93, No 3, 498-512

Mathis., Robert, L., Jackson., & John, H. (2006). Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Salemba Empat.

Setyawati. (2010), Analisis Tingkat Kelelahan Kerja Berdasarkan Beban Kerja Fisik Perawat di Instalasi Rawat Inap RSU Haji Surabaya, The Indonesian Journal Occupational Safety and Health, Vol 4, No , 93-102.

Sholikhan. (2015). Pengaruh Kelelahan Emosi Terhadap Kepuasan kerja dan Dampaknya terhadap Kinerja Guru, Jurnal Ekonomi Modernisasi, Vol 1, No 238-251

Siagian. (2010). Kelelahan Kerja Dengan Kinerja Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan. Jurnal STIKES, Vol 5 No 2, 167-177

Simamora, H. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN

Suhesty, A., Prayuga, R. S., Fadli, A., Sandy, Y. K., & Syahrani, A. (2016). Meningkatkan Kualitas Tidur Dengan Alunan Musik Tingkilan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(2), 138-154.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Rajawali Pers. Jakarta

Zeithaml., & Berry. (2009). Performance Employee Factors, Journal Of Marketting, Vol 1, No 2, 76-79




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i1.4343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id