Penerimaan Orang Tua dan Dukungan Orang Tua Pada Anak Penderita Vitiligo

Sapti Astuti

Abstract


Penelitian ini mengenai penerimaan orang tua dan dukungan orang tua pada anak penderita vitiligo, bagaimana orang tua dapat menerima kondisi yang terjadi pada anak yang memiliki penyakit vitiligo serta memberikan dukungan pada anaknya.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan pendekatan fenomenologi. Responden diambil berdasarkan purposeful sampling yaitu pemilihan subjek dalam penelitian berdasarkan atas ciri-ciri yang memenuhi tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan.Metode pengumpulan data adalah metode wawancara dan observasi dengan empat subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa keempat subjek dapat menerima kondisi anaknya dengan baik dan memberikan dukungan. Pada subjek pertama SU memiliki penerimaan yang kurang baik melalui proses yang panjang SU dapat menerima kondisi anaknya dan memberikan dukungan. Subjek kedua SW menerima kondisi anaknya dengan baik dan selalu berfikir positif dan memberikan dukungan kepada anaknya.subjek ketiga AY memiliki penerimaan yang baik kepada anaknya namun AY menolak keadaan suaminya namun dengan berjalannya waktu AY sadar dan mampu menerima semua kondisi yang terjadi dan memberikan dukungan pada anak dan suaminya. Subjek keempat NA menerima dan selalu bersyukur atas kondisi anaknya dan selalu memberikan dukungan pada anaknya dengan sebaik sebaik mungkin.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Adriansyah, M. A., Rama, T. A., Anggara, A., Kridani, M. S., & Afani, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self Hypnosys Untuk Meningkatkan Empati. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(1), 29-38.

Arikunto. (2001). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V Cetakan keduabelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Arthur S. R., & Emily S. R. (2010).Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J. P. (2012). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Rajawali Press.

Chalke., & Steve. (2006) Orang Tua Karir Mengasuh Anak Tanpa Meninggalkan Pekerjaan. Yogyakarta: PT Andi

Hurlock., & Elizabeth. (2001). PsikologiPerkembangan Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Mariska, A., Gendis, L. R., Fauziah, Z. F., Sanita, I. C., & Fitrizia, S. (2015). Modifying Introvert Personality With Rational Emotive Behavior Therapy. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 149-166.

Moleong, L. J. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Cetakan ke-25 Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2003). Metedologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Nurrohmatulloh, M. A. (2016). Hubungan Orientasi MasaDepan Dan Dukungan Orang Tua Dengan Minat Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi.Jurnal Psikoborneo. Vol. 4, No. 4.

Pancawati, R. (2013) Penerimaan diri dan Dukungan Orang Tua terhadap Anak Autis. Ejournal Psikologi. 1 (1)

Pramitha, D., Mufattahah, S., & Zulkaida, A. (2009). Penerimaa nDiri Istri Pertama dalam Keluarga Poligami yang Tinggal dalam Satu Rumah. Jurnal Psikologi.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Savkovic, V., Dieckmann, C., Milkova, L., & Simon, J. C. (2012). Improved method of differentiation, selection and amplification of human melanocytes.

Sibero, T. H., & Lukas, R. (2015). Vitiligo.Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Journal. Vol.5. (9)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tuwoso., Kusuma, F. I., & Sutadji, E. (2014). Kontribusi Dukungan Orang Tua Penguasaan Pengetahuan Dasar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Pencapaian Komperensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan Universitas Malang.Vol. 44. (1)

Ulyatin, N. A. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dan religiusitas dengan penerimaan orang tua pada ABK. Jurnal psikologi, 1 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i1.4340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id