Kontrol Diri dan Penyesuaian Diri dengan Kedisiplinan Siswa

Lidya Natalia Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan penyesuaian diri dengan disiplin siswa MTS Sulaiman Yasin Samarinda. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah total subjek adalah 112 orang dengan menggunakan total sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Data penelitian yang diperoleh menggunakan skala likert tentang kontrol diri, penyesuaian diri, dan disiplin. Data dianalisis dengan model regresi penuh dan bertahap dengan bantuan dari paket Statistik Program untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk windows. Hasil analisis pertama menunjukkan ada korelasi antara kontrol diri dengan disiplin, nilainya adalah Nilai TV> Tabel (Nilai TV = 2,830> Ttabel = 1,984) dan p = 0,005 <0,050. Hasil analisis kedua menunjukkan ada korelasi antara penyesuaian diri dengan disiplin, nilainya adalah Nilai TV> Ttabel (Nilai TV = 8,730> t tabel 1,984) dan p = 0,000 <0,050. Hasil analisis ketiga menunjukkan ada korelasi antara kontrol diri dan penyesuaian diri dengan disiplin, nilainya adalah Fvalue> Ftable (Fvalue = 112,398> Ftable = 3,07), Adjusted R square = 0,805, dan p = 0,000 <0,050.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Adriansyah, M. A., Rama, T. A., Anggara, A., Kridani, M. S., & Afani, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self Hypnosys Untuk Meningkatkan Empati. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(1), 29-38.

Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2016). Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Anak Akan Kelestarian Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(2), 86-106.

Agustiani, H. (2006). Psikologi perkembangan: pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung: Refika Aditama.

Ali, M., & Asrori, M. (2004). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik.

Aroma, I. S., & Suminar, D. R. (2012). Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2), 1-6.

Bahri, S., & Tajiri, Y. (2008). Tanggung jawab, disiplin, jujur itu keren! Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Casey, B.J & Caudle, K. (2013). The teenage brain: self-control. Journal of developmental psychobiology departement of psychiatry. 22(2), 82-87.

Chaplin, J. S. (2002). Kamus lengkap psikologi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Christoper, D. (2015). Takut terlambat sekolah, tangan lilis malah tergilas truk. Samarinda: Tribun Kaltim.

Duckworth, A. L., Kim, B., & Tsukayama, E. (2013). Life stress impairs self-control in early adolescence. Frontiers in psychology, 3(1), 1-12.

Fatimah, E. (2008). Psikologi perkembangan. Pustaka Setia, Bandung.

Ghufron, N. M., & Risnawati. S. (2010). Teori-teori psikologi. Arruz Media Grup, Yogyakarta.

Kusdiyati, S., & Halimah, L. (2011). Penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas XI SMA pasundan 2 bandung. Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikologi, 8(2), 172.

Kusumadewi, S., Tuti, H., & Aditya. N. P. (2012). Hubungan antara dukungan sosial peer group dan kontrol diri dengan kepatuhan terhadap peraturan pada remaja putri di pondok pesantren modern islam assalaam sukoharjo. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa. Vol 1(2), 4.

Latif, A. (2009). Pendidikan berbasis nilai kemasyarakatan. PT Refika Aditama, Bandung.

Lickona, T. (2012). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Mulyasa. (2012). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Pujawati, Z. (2016). Hubungan kontrol diri dan dukungan orang tua dan perilaku disiplin pada santri di pondok pesantren Daruss’adah Samarinda. eJournal Psikologi. Vol 4(2), 227-236.

Putri, C, P & Laksmiwati, H. (2012). Perbedaan penyesuaian diri siswa ditinjau dari kematangan emosi dan tipe kelas pada MAN 1 Model Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Psikologi UNESA. 13, (2).

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rusyan, T. (2014). Profesionalisme kepala sekolah.: PT Dinamia Pendidikan, Jakarta.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. Erlangga, Jakarta.

Semiawan, C. R. (2009). Penerapan pembelajaran pada anak. PT. Indeks, Jakarta.

Soetjinigsih. (2010). Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Sagung Seto, Jakarta.

Sukmadinata, S. N. (2010). Metode penelitian pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta.

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Grasindo, Jakarta.

Widodo, B. (2013). Perilaku disiplin siswa ditinjau dari aspek pengendalian diri (self-control) dan keterbukaan diri (self-disclosure) pada siswa SMK Wonoasri Caruban Kabupaten Madiun. Jurnal Widya Warta, 1 (2), 140-151.

Wulandari, M. (2014). Upaya meningkatkan kedisiplinan siswa melalui proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah PPKN IKIP Veteran Semarang, 2(1), 52.

Yusuf, S. (2009). Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT Remaja Rosdak, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i1.4326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id