Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Rasa Cinta Tanah Air Pada Remaja

Erni Marlina

Abstract


Penelitian tentang internalisasi nilai-nilai Pancasila dan cinta tanah air pada remaja di perbatasan Indonesia-Malaysia bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan internalisasi nilai-nilai Pancasila dan cinta tanah air pada remaja di perbatasan Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik snowball sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara dengan tiga subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka, meski tidak secara keseluruhan dan mencintai tanah airnya. Pada subjek pertama Nurmah, memiliki pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya Pancasila, memiliki kemampuan menerapkan semua nilai-nilai Pancasila, bangga menjadi warga perbatasan, meski terkadang merasa malu dengan aksen yang digunakan, tetapi Nurmah tidak pernah berpikir untuk beralih kewarganegaraan. Subjek kedua, Ruslan, memiliki pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya Pancasila, tetapi belum menerapkan nilai-nilai Pancasila kedua yang merendahkan agama lain. Ruslan bangga menjadi warga perbatasan dan mencintai tanah air dengan selalu mengikuti hari nasioanal, tetapi telah berpikir untuk beralih kebangsaan. Mata pelajaran ketiga Andi Kurnia, memiliki pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya Pancasila, tetapi belum menerapkan nilai-nilai ketuhanan Pancasila yang tidak melakukan shalat lima waktu dan kemanusiaan yang belum bisa adil terhadap yang lain. Andi Kurnia juga merasa bangga menjadi warga perbatasan dan mencintai tanah air, tetapi memiliki pemikiran untuk beralih kebangsaan.

Full Text:

PDF

References


ADRIANSYAH, M. A., & Hadipranata, A. F. (2006). Perilaku kewargaan organisasi ditinjau dari nilai-nilai religiusitas dan kompetensi sosial:: Penelitian pada karyawan PT. Manajemen Qolbu Bandung dan PT. Hadji Kalla Makassar (Doctoral dissertation, [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada).

Erikson., E., H. (1989). Identitas dan Siklus Hidup Manusia. Bunga Rampai Penerjemah: Agus Cremes. Jakarta: PT. Gramedia.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Mar’at., S. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Margono. (2012). Pendidikan Pancasila Topik Aktual Kenegaraan dan Kebangsaan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mulyana. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan, Nilai. Bandung: Alfabeta.

Mulyani. (2002). Pkn Cinta Tanah Air. Palembang: PT Mizan Pustaka.

Nurhadianto. (2014). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Upaya Membentuk Pelajar Anti Narkoba. JIPS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol.23. No.2. Hal.44-54.

Papalia., D. Old., S., W. & Feldman., R., D. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Saleh., M., H. (2011). Model Pemaknaan Nasionalisme Masyarakat Pulau Sebatik Kalimantan Timur. Jurnal Borneo Atministrator. Vol.7 No.2 hal.202-221.

Subagyo., J. (2006). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi., A. (2014). Internalisasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PKN pada Siswa Man 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 4. No. 8. Hal. 649-655.

Suwastawan., I., W. Holilulloh., & Nurmalisa., Y. (2015). “Pengaruh Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila terhadap Sikap Anggota Organisasi Peradah Seputh”. Skripsi: Yogyakarta.

Winarno. (2014). Pancasila dan UUD’45. Surakarta: FKIP UNS.

Winarno., S. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Nasional.

Yudhanegara., H., F. (2014). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila dalam Perwujudan Mahasiswa yang Berkarakter Agamis dan Nasionalis. Al-Akhbar. Vol.7. No.3. Hal. 116-135.

Yuliatin., L. (2005). Upaya Penanaman Rasa Cinta Tanah Air pada Para Santri di Pesantren Majma’Albahrain Shiddiqiyyah Kabupaten Jombang; http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelA18771A9C130474247244AF06C096270.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id