Rasa Bersalah dan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Putus Hubungan Setelah Melakukan Seks Pranikah

Stella Nita Lontolawa

Abstract


Penelitian tentang strategi rasa bersalah dan koping pada siswa yang putus setelah hubungan seks pranikah menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan pendekatan studi kasus, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam pada keempat subjek. Responden diambil berdasarkan purposive sampling, yaitu pemilihan subyek dan informan dalam penelitian berdasarkan karakteristik yang memenuhi tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis dinamika rasa bersalah dan strategi koping pada siswa yang putusu hubungan setelah melakukan hubungan seks pranikah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keempat subjek memiliki rasa bersalah dan strategi koping yang berbeda dalam menghadapi seks pranikah yang pernah mereka lakukan. Mengenai masalah AR, ia merasa bersalah karena melakukan hubungan seks pranikah, tetapi rasa bersalah yang ia rasakan dapat mengubah dirinya menjadi lebih baik dari sebelumnya karena didukung oleh strategi koping yang digunakan oleh AR. Pada subjek kedua, yaitu WA, ia memiliki rasa bersalah ia merasa menyesal telah melakukan hubungan seks pranikah dan menganggap tidak ada lagi pria yang mau menerima jika bukan perawan lagi. Karena subjek putus dengan pacarnya ia punya ide bahwa semua lelaki hanya mengininkan perempuan yang masih perawan.  Subjek selanjutnya MM, yang memiliki rasa bersalah, ia merasa menyesal telah memberikan keperawanannya kepada pacarnya sekali. Pada saat ia ditipu oleh pacarnya yang berpacaran dan itulah yang membuat subjek pria begitu dibenci ditambah ia memiliki hubungan perkawinan dengan pacarnya. Pada subjek CJ ia memiliki rasa bersalah, ia merasa jijik dengan dirinya sendiri dan dianggap sebagai yang paling bersalah melakukan aborsi. Subjek masih setengah hati menerima situasi tersebut karena subjek tidak bisa takut punya anak karena aborsi.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh Harga Diri Dan Penalaran Moral Terhadap Perilaku Seksual Remaja Berpacaran. Jurnal Psikostudia, 2(1), 1-9.

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Amrillah, A. A., Prasetyaningrum, J., & Hertinjung, W. S. (2001). Hubungan antara Pengetahuan Seksualitas dan Kualitas Komunikasi Orang Tua-Anak dengan Perilaku Seksual Pranikah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi.

Baron, R. A & Byrne, D.E, (2005). Social Psychology (11th ed), USA: Pearson.

Coleman, Vernon. (2001). Rasa salah: mengapa terjadi, bagaimana mengatasinya, Jakarta. Arcan Press

Gowan. (2010). The Development of The Creative Individual, San Diego: Robert Knapp.

Lazarus, R. S. (1990). Theory-based stress measurement. Psychological inquiry, 1(1), 3-13.

Lestari Winda D. (2014). Penerimaan Diri dan Strategi Coping Pada Remaja Korban Perceraian Orang Tua. eJournal Psikologi, 2(1).

Markova, S., & Nikitskaya, E. (2017). Coping strategies of adolescents with deviant behaviour. International Journal of Adolescence and Youth, 22(1), 36-46.

Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia. (2014). Hasil Survei Pada Remaja di Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Prastawa, D.P & Lailatushifah, S.N.F. (2009). Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Dan Prilaku Seksual Pranikah Remaja Putri. Jurnal Psikologi, 2(2).

Santrock, J. W. (2007). Remaja edisi 11 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S.W. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id