Konformitas Pada Perilaku Minum-Minuman Keras (Pengasih) Pada Remaja Suku Dayak Berusu

Shadikin Asyhar

Abstract


Penelitian mengenai konformitas pada perilaku minum-minuman keras pengasih pada remaja suku dayak berusu ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan pendekatan fenomenologi, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam terhadap keenam subjek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari minuman keras (pengasih) bagi suku dayak berusu, latar belakang konformitas pada perilaku minuman keras (pengasih) pada remaja suku dayak berusu dan dampak dari minuman tersebut. Hasil peneltian menunjukkan bahwa minuman keras pengasih bukan hanya sebagai minuman yang memabukkan tetapi memiliki nilai sakral dan dapat mempererat hubungan persaudaran, faktor yang melatarbelakangi konformitas pada perilaku minum-minuman keras pengasih pada remaja suku dayak berusu adalah ke kompakkan, kesepakatan dan ketaatan. Hal ini terjadi karena mereka sering melihat orang-orang disekitarnya mengkonsumsi minuman pengasih, maka mereka juga ikut mengkonsumsinya. Adapun dampak dari minuman tersebut antara lain; dampak psikis, dimana adanya ketergantungan untuk menyelesaikan suatu masalah atau mengalami stress, tak jarang mereka menghilangkannya dengan mengkonsumsi pengasih untuk mengurangi beban masalah yang dihadapi karena minuman tersebut memicu timbulnya perasaan senang sehingga dapat melupakan masalah yang ada, banyak bicara tapi tidak fokus. Sedangkan untuk dampak fisik yaitu mabuk, muntah, wajah memerah, cara jalan tidak menetap dan sejauh ini belum ada tanda-tanda munculnya penyakit yang serius.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh Harga Diri Dan Penalaran Moral Terhadap Perilaku Seksual Remaja Berpacaran. Jurnal Psikostudia, 2(1), 1-9.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Asrori, M., & Ali, M. (2006). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga.

Borsari, B., & Carey, K. B. (2003). Descriptive and injunctive norms in college drinking: a meta-analytic integration. Journal of studies on alcohol, 64(3), 331-341.

Creswell, J. W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hawari, D. (2006). Penyalagunaan dan Ketergantungan NAPZA (Narkotika, Alkohol, dan Zat Aditif) Edisi Kedua. Jakarta: FK-UI Pres.

Hurlock, (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo.

Kuncoro, J. (2020). Harga Diri dan Konformitas Terhadap Kelompok dengan Perilaku Minum Minuman Beralkohol pada Remaja. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 5(1), 75-85.

Monks, (2009). Tahap Perkembangan Masa Remaja. Medical Journal New Jersey Muagman, 1980. Jakarta: Raja Grafindo.

Poerwandari, E. K. (2007). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Mohammadi, G. H. J. R. (2015). The Relationship of Conformity and Memory. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 4(2), 24756.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga, 1(2), 3.

Sears, D.O., Peplau, L. A., & Taylor, S. E. (2003). Social Psychology (11th ed). Upper Saddle River, Nj: Prentice Hall.

Setiadi, E. M., Hakam, K. A., & Effendi, R. (2006). Ilmu sosial budaya dasar [Sociology and the Foundations of Culture]. Jakarta, Indonesia: Kencana Prenadamedia Group.

Soetjiningsih, S. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Sagung Seto. Jakarta, 320.

Subiyantoro, P. (2012). Faktor yang mempengaruhi remaja mengkonsumsi minuman beralkohol di rt. 07 rw. 06 Kelurahan pacar kembang kecamatan tambak sari Surabaya. Skripsi. Surabaya: Akademi Keperawatan.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id