Hubungan Atraksi Interpersonal Siswa Terhadap Guru dan Manajemen Waktu dengan Motivasi Belajar Pada Siswa

Patricia Minarsih Nggie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketertarikan interpersonal siswa dengan guru dan manajemen waktu dengan motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 3 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini termasuk 86 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar, skala ketertarikan interpersonal, dan skala manajemen waktu dengan model skala likert. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis regresi dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk Windows 7. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara daya tarik interpersonal dan manajemen waktu terhadap motivasi belajar pada siswa dari SMA Negeri 3 Samarinda dengan R = 0,876; F hitung = 136.249 (F hitung> F tabel = 3,11); R2 = 0,767; dan p = 0,000 (p <0,005). Selain itu, dari hasil analisis regresi model sederhana menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara ketertarikan interpersonal terhadap motivasi belajar dengan beta = 0,162; t hitung = 2.035 (t hitung <t tabel = 1.990); dan p = 0,045 (p <0,05). Kemudian, hasil analisis regresi sederhana pada manajemen waktu terhadap motivasi belajar menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan dengan beta = 0,936; t hitung = 10,686 (t hitung> t tabel = 1,990), dan p = 0,000 (p <0,05).


Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Azwar, S. (2003). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial (Edisi 10) Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Chaplin, J. P., & Kartono, K. (2008). Kamus lengkap psikologi. Rajawali Pers.

Christantie, J. I., & Hartanti. (1997). Hubungan antara Prestasi Belajar terhadap Jurusan A-1, A-2, A-3 dan Motif Berprestasi dengan Prestasi Belajar. Anima,12(47).

Cole, M. S., Feild, H. S., & Harris, S. G. (2004). Student learning motivation and psychological hardiness: Interactive effects on students' reactions to a management class. Academy of Management Learning & Education, 3(1), 64-85.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwihandika, S. (2013). Hubungan kemampuan manajemen waktu dan motivasi belajar terhadap prestasi matakuliah perancangan gedung 2 mahasiswa S1 PTB Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional) Mengapa EI lebih penting daripada IQ (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamzah, B. U. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 3-3.

Lahey, B. (2012). Psychology an Intruduction (eleventh edition). New York: The McGrow Hill Companies, Inc.

Maulana, A. M. (2008). 50 Cara Cerdas Menggunakan Waktu. Jawa Timur: Motivasi Arief.co.cc.

Pantziara, M., & Philippou, G. (2007). Students’ motivation and achievement and teachers’ practices in the classroom. In Proc. 31th PME Conference (Vol. 4, pp. 57-64).

Pintrich, P. R. (2003). Motivation and Classroom Learning. New Jersey: JohnWiley & Sons.

Rahardi, N. (2009). Manajemen Waktu untuk Siswa. http://www.topcities.com/artikelpendidikan

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rakhmat, J. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Santrock, J. W. 2007. Adolescene (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi Motivasi dan Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Silalahi, J. (2008). Pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar. Jurnal Pembelajaran, 30(2), 100-105.

Simbolon, M. M. (2004). Dasar-dasar Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taylor, L. Harold. (1990). Manajemen waktu: suatu pedoman pengelolaan waktu yang efektif dan produktif. Jakarta Barat, Indonesia: Binarupa Aksara.

Wlodkowski, R. J., & Jaynes, J. H. (2004). Motivasi Belajar Cetakan I. Depok: Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id